Editorial Sulut News
Friday 1 March 2024, Friday, March 01, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-02T05:26:29Z
BitungHeadline

KPU Bitung Gelar Rekapitulasi Surat Suara Tingkat Kota, Deslie Berharap Kiranya Hasil Bisa Diterima



ESN, Bitung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kota Bitung yang digelar di Aula Kantor KPU kota Bitung, Jumat (01/03/2024).

Ketua KPU Kota Bitung, Deslie Sumampouw SE mengatakan, rekapitulasi surat suara untuk tingkat kota sudah dimulai seiring dengan telah selesainya perhitungan perolehan suara di tingkat kecamatan.

“Telah selesai dilakukan di tingkat kecamatan kamis (29/02/2024) malam. Sudah selesai, cuma masih ada yang menyelesaikan finalisasi dan administrasi yaitu di Kecamatan Girian sampai dini hari dan sudah selesai,” ujarnya

Deslie berharap, semua pihak dapat mengikuti prosedur dan menerima hasil rekapitulasi suara ini dengan baik, untuk menjamin kelancaran proses demokrasi di Kota Bitung.

“Harapannya berjalan lancar, aman dan kondusif serta berlangsung secara transparan,” tuturnya. 

Sementara Asisten lll pemkot Bitung Benny Lontoh, yang saat itu mewakili Wali Kota, berharap proses rekapitulasi pemungutan suara Pemilu di Kota Bitung pada 14 Februari 2024 lalu berlangsung lancar, aman dan kondusif, serta dapat diterima oleh semua pihak.

“Mudah-mudahan kondisi ini terus berlangsung pada tahapan-tahapan selanjutnya, termasuk tahapan rekapitulasi perhitungan perolehan hasil suara dan penetapan hasil Pemilu yang akan dilaksanakan hari ini. Hal ini agar semangat kekeluargaan tetap terjaga potensi konflik bisa diminimalkan dan masyarakat bisa tetap produktif,” katanya.

Benny Lontoh mengingatkan agar penyelenggara Pemilu dapat bekerja lebih hati-hati, cermat dan fokus kepada tugasnya. Begitu pula dengan pengawas dan saksi juga diharapkan berkontribusi aktif terhadap proses perhitungan rekap dan hasil yang akurat.

“Semua pihak tentunya harus senantiasa menjunjung tinggi integritas agar proses perhitungan dan hasil Pemilu yang ditetapkan benar-benar mempresentasikan data yang sesungguhnya,” ucapnya. (**)