Editorial Sulut News
Monday 15 January 2024, Monday, January 15, 2024 WIB
Last Updated 2024-01-15T16:26:39Z
BitungHeadline

Sejumlah Penumpang Terlantar Di Pelabuhan Bitung, Ini Klarifikasi Pihak Pelindo


ESN, Bitung - Sejumlah penumpang kapal Pelni terlantar di pelabuhan Bitung, dan tidak bisa ikut berlayar, karena tiket dianggap tidak sah. Diduga sejumlah penumpang tersebut membeli tiket kepada calo yang tidak bertanggung jawab.


Terkait hal tersebut, manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Bitung menyampaikan turut prihatin atas peristiwa terlantarnya calon penumpang di Pelabuhan Samudera Bitung, pada Minggu dini hari, (14/1/24).


Menurut General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Bitung, Ramdan Kyai Demak mengatakan, pihaknya sebagai penyedia jasa kepelabuhanan tidak menjual tiket kepada para calon penumpang kapal. Adapun calon penumpang yang terlantar pada Minggu dini hari tersebut diduga karena tidak memiliki tiket.


"Dalam hal ini Pelindo sebagai BUMN yang menyediakan jasa kepelabuhanan tidak pernah melakukan jual beli tiket kepada para calon penumpang kapal. Kami bertugas memberikan pelayanan yang maksimal sehingga penumpang merasa aman dan nyaman, seperti menyediakan ruang tunggu di dalam terminal penumpang beserta sarana dan prasarananya," tegas Ramdan. Senin, (15/1/24).


Meski begitu, dia menyampaikan bahwa jika ternyata ada oknum yang melakukan hal-hal yang tidak semestinya, dipastikan kalau itu tidak ada hubungannya dengan institusi.


"Itu murni tindakan oknum. Tetapi kami juga tidak tinggal diam. Kami pasti akan segera menelusuri kejadian yang sebenarnya terjadi di lapangan," tukasnya.


Amirullah, Manager Terminal dan Aneka Usaha Pelindo Regional 4 Bitung menambahkan bahwa pihaknya segera akan mencari tahu kebenaran informasi yang diterima terkait oknum yang melakukan penjualan tiket kapal kepada calon penumpang kapal pada Minggu dini hari itu.


"Jika memang terbukti bersalah, kami akan melakukan tindakan tegas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,"ujarnya.


Namun Amirullah mengatakan kalau secara job desk, seluruh jajaran pegawai Pelindo khususnya di Regional 4 Bitung sudah berjalan sesuai aturan perusahaan.


Amirullah juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya memperbaiki kinerja perusahaan.


"Kami selalu berusaha memperbaiki kinerja, baik SDM maupun operasional secara keseluruhan. Kritik dan saran kami terima sebagai sesuatu yang positif untuk perkembangan perusahaan ke depan," pungkasnya.(eko)