Monday 29 May 2023, Monday, May 29, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-29T09:51:19Z
Minahasa

Pemdes Kayuuwi salurkan BLT DD kepada 18 Keluarga Penerima Manfaat

 

Camat kawangkoan Barat Meidy Keintjem saat menyerahkan secara simbolis BLT DD kepada salah seorang warga, yang ikut disaksikan Hukum Tua Desa Kayuuwi Stenly Watung (kiri) dan perwakilan Bank SulutGo.


ESN, Kayuuwi - Bertempat di Balai Desa Kayuuwi, Kecamatan Kawangkoan Barat, Senin (29/5/2023) Pemerintah Desa (Pemdes) Kayuuwi menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), tahun anggaran 2023.

Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BLT DD di Desa Kayuuwi, dari sebelumnya 83 KPM pada tahun 2022 lalu, turun menjadi 18 KPM pada tahun 2023 ini. Setiap KPM menerima dana BLT sebesar Rp 900 ribu, untuk triwulan pertama.

"Sesuai Juknis terbaru, data KPM penerima BLT DD di desa Kayuuwi mengalami penurunan dari 83 KPM menjadi 18 KPM. Jadi yang menerima hanyalah KPM yang benar-benar dikategorikan miskin ekstrim," jelas Kumtua Kayuuwi, Stenly Watung.

Dia berharap, keluarga yang tidak lagi menerima BLT DD tahun ini, bisa memahami serta memakluminya.

"Proses seleksi siapa yang layak menerima BLT DD tahun 2023 ini, bukan ditentukan sendiri oleh Kumtua, melainkan ditentukan oleh hasil musyawarah desa," tukas Watung.

Sementara itu, Camat Kawangkoan Barat Meidy Keintjem yang ikut menyerahkan secara simbolis BLT DD kepada salah satu KPM, berharap dana yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ini, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh setiap KPM.

"Manfaatkanlah dana yang diterima ini untuk keperluan sehari-hari dan tentu saya berharap Kalau suka kita semua sejahtera dan maju, maka kita harus menopang terus pemerintah yang ada saat ini, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten hingga pemerintah desa Kayuuwi," imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Bank Sulut, sebagai bank penyalur BLT DD, Sekdes Kayuuwi Julia Lolowang, Bendahara Desa Kayuuwi serta sejumlah perangkat dan operator desa Kayuuwi.

(Mrcl*)