Editorial Sulut News
Thursday 25 August 2022, Thursday, August 25, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-25T14:11:05Z
BitungHeadline

Merasa Lebih Diperhatikan Pemerintah, Warga Pulau Lembeh : Terimakasih MM-HH

Frans Dalambide


ESN, Bitung - Expresi bahagia terpancar dari wajah masyarakat di pulau Lembeh, Kota Bitung Sulawesi Utara. Pasalnya mereka (masyarakat Lembeh_red) merasa lebih diperhatikan oleh pemerintah Kota Bitung semenjak MM-HH memimpin kota Bitung.


Salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Pulau Abadi Frans Dalambide menuturkan, bahwa saat ini Pemerintah sudah menyiapkan mobil Ambulance yang dikhususkan untuk masyarakat yang berada di pulau Lembeh yang selalu siap 24 jam untuk mengantar warga yang sakit ke rumah sakit.


“Dengan adanya ambulance yang stay di dermaga Ruko selalu siap mengantar warga, tentunya ini sangat membantu sekali, warga tidak perlu repot-repot mencari kendaraan umum untuk mengantar warga yang sakit ke rumah sakit”, tutur Frans kepada media ini, Rabu (24/08/2022).


Frans menambahkan, apalagi sejak diresmikannya dermaga Perjuangan yang terletak di Pulau Abadi oleh Wali Kota Maurits Mantiri baru-baru ini, Frans mengatakan, aktifitas warga yang ingin menyeberang ke dermaga Ruko juga menjadi lebih mudah.


“Untuk warga yang sakit dan naik perahu di dermaga ini, kami tidak memungut biaya, tapi kami malah memberikan santunan untuk membantu warga yang sakit tersebut, hari ini saja ada 3 warga yang sakit, dan semua lancer tiba ke rumah sakit berkat ambulance yang disediakan pemerintah”, tambahnya.


Pemberian santunan kepada warga yang sakit di dermaga Perjuangan Pulau Abadi Lembeh Selatan


Frans juga mengatakan, uang santunan yang diberikan kepada warga yang sakit berasal dari swadaya pemilik perahu yang sandar atau berlabuh di dermaga perjuangan Pulau Abadi.


“Ada 37 perahu yang sandar di dermaga ini, dan kita membuat 2 kelompok dalam operasinya agar semua bisa mendapat giliran untuk bisa mengangkut penumpang ke dermaga Ruko, dan setiap harinya kami memungut iuran dari perahu-perahu tersebut, dan uangnya kita gunakan untuk perawatan dermaga, dan juga santunan kepada warga yang sakit”, terang Frans yang juga pengelola dermaga Perjuangan. (eko)