Editorial Sulut News
Wednesday 24 August 2022, Wednesday, August 24, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-25T05:20:25Z
BitungEntertaintmentHeadlinePendidikan

“Kemerdekaan” Yang Lucu, Jadi Tajuk Teater di SMK Garuda 16 Bitung

Teater
Pertunjukan Teater "Kemerdekaan" yang lucu di SMK Garuda 16 Bitung, Rabu (24/08/2022)


ESN, Bitung,- Tepis stigma buruk masyarakat Rumah Peran gandeng SMK Garuda 16 Bitung gelar pentas teater bertajuk “Kemerdekaan” Yang Lucu. Rabu(24/08/2022).

 

Selama ini nampaknya stigma buruk masyarakat sangat melekat terhadap SMK Garuda 16 Bitung, sehingga hal tersebut menjadi alasan Rumah Peran Kota Bitung membangun Rumah Binaan Teater Garuda di sekolah tersebut.

 

Tak hanya merubah stigma buruk masyarakat, nampaknya pentas teater ini juga untuk mengasah bakat-bakat terpendam siswa SMK Garuda khususnya dibidang kesenian.

 

“Ini merupakan teater sekolah rumah binaan yang pertama dari Rumah Peran,” ujar Direktur utama Rumah Peran Gideon Santi dalam sambutannya.

 

Lanjutnya lagi, tujuan dari pembentukan teater sekolah rumah binaan ini bukan sekedar merubah stigma buruk masyarakat terhadap sekolah ini namun juga untuk mengembangkan bakat dan kreativitas dari siswa-siswi yang ada.

 

“Tujuannya mengembangkan bakat dan kreativitas dari anak-anak didik, yang dimana lewat proses yang mereka alami terjadi pembentuk karakter serta kepercayaan diri. Tentunya dalam proses itu juga bisa mengajarkan para siswa untuk bertanggungjawab seperti halnya peran yang mereka lakoni,”

 

Dirinya juga berharap aktifitas kesenian yang dilakukan ini tak hanya memicu prestasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler tapi juga dalam intrakurikuler.

 

Sementara itu, Dra. Amelia Purnama selaku guru yang juga mewakili kepala sekolah SMK Garuda 16 Bitung sangat mengapresiasi kegiatan yang ada.

 

Dirinya berharap hal ini menjadi motivasi membangkitkan potensi para siswa sehingga pemberian diri dalam kegiatan dapat melahirkan generasi muda yang teladan untuk seni dan budaya.

 

“Semoga anak-anak ini bisa jadi panutan untuk lebih baik bagi SMK Garuda 16 Bitung, baik di Kota Bitung maupun diluar Kota Bitung. Biarlah teater ini bisa terus berkembang bukan hanya untuk kali ini tapi akan berkembang seterusnya,” harapnya. (eko)