Thursday 14 October 2021, Thursday, October 14, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-22T07:19:10Z
Minahasa

Dihadiri ROR-RD, KUR Bohusami Bakobong Klaster Pertanian Sereh Wangi di Launching di Desa Kakas Barat

 


ESN, Kakas - Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bohusami Bakobong Klaster Pertanian Sereh Wangi untuk kali pertama di Launcing di Kabupaten Minahasa, dan digelar di Desa Tountimomor Kecamatan Kakas Barat, Kamis (14/10/2021).

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso serta Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati  Robby Dondokambey (RD) ikut hadir dalam kegiatan itu.



Dirut Bank Sulutgo, Revino Pepah mengatakan, petani Sereh Wangi ini dibiayai secara perorangan dengan nilai kurang lebih Rp.12 jt/ha juga bersama Opstaker yang ada.

" Nantinya, Sereh Wangi yang dikembangkan akan diolah menjadi minyak wangi, sabun, shampo dan produk lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Bupati ROR ikut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak OJK, Bank Sulut yang telah membantu petani di Minahasa dengan memberikan bantuan KUR.




" Program Bohusami Bakobong yang sudah diinisiasi Bank Sulutgo dan OJK Sulutgo Malut ini pasti akan sangat membantu petani untuk kemudian menggerakan roda perekonomian di Kabupaten Minahasa,' tukasnya.

Dia mengatakan, sebagian besar masyarakat Minahasa adalah petani dan nelayan sehingga kemudian sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)," tambahnya.

Secara khusus ROR juga memuji para petani di Desa Tountimomor yang sudah memulai mengembangkan tanaman Sereh Wangi tersebut.



“ Kedepan tentu kami berharap bukan hanya petani Sereh Wangi yang ada di sekitar Kakas Barat ini yang akan dikembangkan dan dibantu permodalannya tapi juga di seluruh Kabupaten Minahasa dan tidak menutup kemungkinan untuk komoditas pertanian lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh meminta warga di Kabupaten Minahasa agar jangan ragu untuk bertani apalagi saat ini sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) tentang Badan Penyanggah Pangan. 



“Petani yang dibiayai ini tidak hanya dibantu permodalan tapi juga dari sisi pengembangan bibit, subsidi pupuk yang tentu harus dieksplor termasuk juga pengolahan komoditas ini,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, ROR-RD serta para undangan yang hadir ikut melihat langsung penyulingan daun Sereh Wangi sekaligus melakukan panen komoditas tersebut.



Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Perwakilan BI Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat, Kepala Perwakilan OJK Sulut Darwisman, Dirut Bank Sulutgo Revino Pepah,  serta Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut.

(Advertorial)