Editorial Sulut News
Tuesday 9 February 2021, Tuesday, February 09, 2021 WIB
Last Updated 2021-02-10T05:15:56Z
Hukrim

Tepat di Hari Pers Nasional, Oknum Pengacara Ancam Akan Somasi Wartawan

Ilustrasi diskriminasi wartawan

Hei, ngana hapus tu video yang ngana rekam tadi, kalau sampai viral, kita mo tuntut ngana di UU-ITE

ESN, Bitung - Hingga saat ini diskriminasi terhadap pekerja Pers masih saja terjadi. Seperti yang dialami oleh LAM (La Ode) wartawan klikwarta.com yang “diancam” akan disomasi oleh oknum pengacara saat dirinya meliput jalannya mediasi perlawanan terkait perkara sengketa lahan di ruang mediasi Pengadilan Manado, Selasa (09/02).

La Ode mengatakan, oknum pengacara tersebut menyuruh menghapus hasil rekaman setelah mediasi selesai digelar, sambil menunjuk-nunjuk mukanya.  

“Hei, ngana hapus tu video yang ngana rekam tadi, kalau sampai viral, kita mo tuntut ngana di UU-ITE,” ujar La Ode dengan dialeg Manado menirukan ucapan pengacara tersebut.

La Ode juga menuturkan, awalnya dirinya tidak serius menanggapi ancaman dari pengacara tersebut, pasalnya, dirinya tidak merasa melakukan apa yang dituduhkan terhadapnya. Namun selang beberapa menit, La Ode baru merasa apa yang telah dilakukan pengacara tersebut terhadapnya, telah melecehkan profesi yang dijalaninya.

La Ode menambahkan, kalau memang dia (pengacara-red) benar akan melakukan somasi, La Ode juga telah mempersiapkan langkah-langkah hukum untuk melakukan perlawanan.

“Biarkan saja, kalau memang akan somasi saya, saya juga akan mempersiapkan langkah-langkah hukum, semua ada aturannya,” kata La Ode. (eko)