Editorial Sulut News
Wednesday 4 March 2020, Wednesday, March 04, 2020 WIB
Last Updated 2020-03-04T10:19:00Z
Bitung

Ada Dugaan Terpapar Corona, Warga Bitung Terpaksa Diisolasi di RSUP Manado

Ilustrasi ruang isolasi

ESN, Bitung – Diduga terpapar virus corona atau covid-19, seorang warga Kota Bitung harus menjalani isolasi di RSUP Prof Kandou Manado.

Dari informasi, warga Kota Bitung berjenis kelamin pria berusia 46 tahun ini sebelumnya pernah melakukan perjalanan ke negara yang terdampak corona, yakni bekerja di Malaysia, dan pulang ke Indonesia melalui Kuala Lumpur, transit Singapura dan tiba di Manado sekitar tanggal 19 Februari 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, dr Jeaneste Watuna membenarkan adanya salah satu warga Bitung yang diisolasi karena diduga terpapar virus corona.

Terkait hal itu, Watuna meminta masyarakat kota Bitung untuk tetap tenang dan tidak panik, karena baru dugaan, dan itu sudah ditangani.

“Hanya dipantau dengan cara melakukan isolasi, mengingat yang bersangkutan ada riwayat dari luar negeri. Tapi pada intinya, saat ini kondisinya baik atau sehat,” kata Jeaneste saat dihubungi awak media via WhatsApp, Rabu (04/03/2020).

Watuna juga mengatakan, warga yang sementara diisolasi itu sudah berada di di Kota Bitung selama sepuluh hari, dan mulai dilakukan pengawasan saat melakukan pemeriksaan ke dokter praktek karena keluhan batuk, ada rasa menggigil dan suhu badan normal 36,1.

“Di lingkungan pasien sudah dilakukan Penyelidikan Epidemiologi dan pemantau rumah untuk keluarganya. Dan saat ini sudah masuk hari ke 12 serta tinggal dua hari lagi pegawasan,” katanya.

Namun pada intinya, tambah Jeaneste, pria itu baru dugaan, dan belum ditemukan ada indikasi terjangkit virus corona. “Diisolasi sebagai bentuk pencegahan serta protap pecegahan virus corona,” katanya. (eko)