Editorial Sulut News
Monday 11 November 2019, Monday, November 11, 2019 WIB
Last Updated 2019-11-11T15:38:22Z
BitungHeadline

Sosialisai Syarat Dukungan Calon Perseorangan, Sumampouw : Calon Perseorangan Sudah Bisa Mempersiapkan Diri

Sosialisasi KPU tentang Syarat Dukungan Calon Perseorangan Walikota dan Wakil Walikota di Hotel Phonix Bitung, Senin (11/11)


ESN, Bitung - KPU Kota Bitung mengingatkan bagi masyarakat yang berkeinginan mencalonkan diri dalam Pilkada 2020 mendatang sebagai calon perseorangan / independen untuk bisa mempersiapkan segala kelengkapan, termasuk syarat dukungan.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw dalam sosialisasi dukungan calon perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Bitung tahun 2020,yang digelar di Hotel Phonix Bitung, senin (11/11).

"Syaratnya sesuai ketentuan kita ambil 10 persen dari total DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilu terakhir, yakni Pemilu tahun 2019. Berdasarkan DPT terakhir kita, jumlah pemilih ada 146.948 jiwa. Setelah dihitung dapatlah angka 14.695 itu, hasil itu didapat 10% dari total DPT Pemilu kemarin sebanyak 146.948 jiwa," papar Deslie Sumampouw.

Sementara itu, ketua KPU Provinsi Ardiles Mewoh menyampaikan apresiasi kepada KPU Kota Bitung, dimana KPU Bitung menjadi yang pertama di Sulut dalam menggelar Sosialisasi Syarat Dukungan Calon Perseorangan dalam Pilkada 2020 nanti.

“Saya selaku ketua KPU Provinsi Sulut memberikan apresiasi kepada KPU Bitung yang pertama kali melakukan sosialisasi calon perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Bitung,” ungkap Andreas.

Andreas menambahkan, kiranya melalui sosialisasi-sosialisasi, kata andreas, sangat membuka peluang seluas-luasnya kesempatan kepada setiap figur untuk mencalonkan diri dalam Pilkada mendatang.

“KPU tidak ada upaya untuk menyulitkan calon perseorangan, makanya jauh-jauh hari harus disosialisasikan, dan untuk melengkapi berkas masih ada waktu empat bulan kedepan,” katanya.

Sementara hadir dalam sosialisasi tersebut, 5 (lima) Komisioner KPU Bitung, Bawaslu kota Bitung, Partai Politik, unsur forkopimda dan Insan Pers. (eko)