Editorial Sulut News
Sunday 25 August 2019, Sunday, August 25, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-27T02:11:04Z
BitungHeadline

Perjuangkan DID, Walikota Bitung Berkunjung ke Kementerian Keuangan

Walikota Bitung Maximilian J Lomban saat berkunjung ke Kemeterian Keuangan Republik Indonesia

Esn, Bitung - Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban melakukan kunjungan kerja di Kementerian Keuangan RI, hal ini sebagai salah satu usaha Pemerintah Kota Bitung untuk memperjuangkan Dana Insentif Daerah (DID) Tahun 2020. Kamis (22/8) pekan lalu.

DID adalah dana yang dialokasikan dalam APBN untuk memberikan penghargaan (reward) kepada provinsi, kabupaten, dan kota yang mempunyai kinerja baik dalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, pelayanan pemerintahan umum, serta dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lomban saat dikonfirmasi menjelaskan persyaratan untuk mendapatkan DID tahun 2020, dimana ada Kriteria Utama yang terdiri dari Opini BPK, adanya e-Budgeting, e-Procurment, e-Planing serta serta ketersediaan PTSP.

Jika kriteria utama sudah terpenuhi maka kewajiban Pemerintah adalah untuk Pemenuhan Kategori Kinerja yang persyaratannya adalah:
1. Kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, 2. Pelayanan Dasar Pendidikan, 3. pelayanan dasar kesehatan, 4. Pelayanan dasar publik infrastruktur, 5. Kesejahteraan Masyarakat, 6. Pelayanan  Umum Pemerintahan, 7. Peningkatan Ekspor, 8. Peningkatan Investasi, 9. Pengelolaan Sampah Plastik.

"Dari semua hal yang dipersyaratkan secara teknis hampir semua sudah dilakukan oleh pemerintah kota bitung khususnya terkait pelayanan publik kesehatan, pendidikan dan infrastruktur juga terkait pengelolaan sampah plastik yang nantinya juga akan disuport dengan data-data dari perangkat daerah terkait melalui kementerian teknis" ujarnya.

"Saya sangat yakin bahwa tahun 2020 kita akan mendapatkan DID kembali agar pemerintah dapat lebih lagi meningkatkan pelayanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota bitung" tutup Lomban.

(eko)