Editorial Sulut News
Friday 23 August 2019, Friday, August 23, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-23T23:35:34Z
Bitung

Berkunjung ke Disperindag, Bea Cukai Bitung Akan Bantu Pemerintah dan Pengusaha Kemudahan Sistem Export

Kepala Disperindag Benny Lontoh saat menerima kunjungan dari Bea Cukai Bitung, Kamis (22/08)

ESN, Bitung - Dalam rangka perencanaan memaksimalkan Pelabuhan Bitung sebagai pintu masuk dan pintu keluar barang dari Indonesia Timur, dan inisiasi ekspor langsung dari Pelabuhan Bitung ke Negara Tujuan, Bea Cukai Bitung melakukan kunjungan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Bitung, Kamis (22/08).

Melansir dari laman instgram Bea Cukai Bitung, kunjungan diterima langsung oleh Kepala Disperindag kota Bitung Benny Lontoh yang sangat mengapresiasi inisiatif Bea Cukai Bitung untuk melakukan kunjungan langsung ke Dinas Perdagangan Bitung.


Baca juga : Berikan Edukasi Pada Generasi Milenial, Bea dan Cukai Bitung GelarCustoms Goes To School

Menurut Lontoh,  kunjungan Bea Cukai ke Kantornya adalah dalam rangka koordinasi pengembangan aktifitas ekspor dan perdagangan internasional serta pelayanan direct call dari pelabuhan Bitung langsung ke pasar internasional, sekaligus membahas kendala-kendala teknis, serta solusi atas berbagai permasalahan yang ada.

"Masih banyak permasalahan teknis yang harus diurai terkait dengan aturan perdagangan internasional dan kontainer international yang masih terbatas", kata Lontoh.

Ditambahkan Lontoh, untuk harga sewa kontainer dan jaminan kualitas, merupakan salah satu syarat agar perusahaan memiliki keinginan untuk ekspor langsung dari Pelabuhan Bitung, serta peran aktif semua pihak, diantaranya pemerintahan daerah, Bea Cukai, PT. Pelindo IV (Terminal Petikemas Bitung), pengusaha dan agen pelayaran sangat diperlukan agar ekspor langsung ini dapat terwujud.

"Pada intinya Bea Cukai ingin membantu Pemerintah daerah dan pengusaha-pengusaha lokal dengan beberapa kemudahan sistem yang lebih praktis dan dapat menguntungkan semua pihak", kata Lontoh via WhatsApp kepada media ini.


Baca juga : Tak Sempat Belanja? "Patra Online" Siap Membantu

Sementara Bea Cukai Bitung masih akan melakukan pertemuan terkait pembahasan inisiasi ekspor langsung, bersama pengusaha-pengusaha yang ada di kota Bitung, dan akan menggandeng Dinas Perdagangan dalam pertemuan tersebut.

(eko)