Editorial Sulut News
Wednesday 24 April 2024, Wednesday, April 24, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-24T17:42:23Z
BitungHeadline

Ringankan Beban Korban Erupsi Gunung Ruang, TNI Kirim Bantuan dan Ratusan Personil ke Tagulandang

Personil Satgas melaksanakan apel kesiapan sebelum berangkat ke Tagulandang, Rabu (24/04/2024)


ESN, Bitung - TNI yang terdiri Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara berkolaborasi melaksanakan misi kemanusiaan di Tagulandang Kabupaten Sitaro pasca bencana erupsi gunung ruang, beberapa waktu lalu.


Dalam misi tersebut tersebut, 130 personil dikirim ke Tagulandang untuk melaksakan kegiatan bakti TNI dan bakti sosial dan karya bakti di sejumlah titik di Tagulandang.


Sebelum diberangkatkan, Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto memimpin apel pemberangkatan personil gabungan unsur TNI yang akan melaksanakan misi tersebut di Dermaga Beaciing Dissyahal Lantamal VIII Bitung, Rabu (24/04/2024).


Dalam arahannya, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto memintah kepada seluruh satgas untuk melaksanakan misi tersebut dengan bersungguh-sungguh dan tulus, , saling bekerja sama dalam menangani dan membantu korban bencana demi meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi gunung ruang.


“Laksanakan tugas dengan baik, agar semua bisa selesai sesuai dengan harapan, dan bisa berdampak positif, sehingga roda perekonomian dan pemerintahan bisa kembali berjalan normal,” tegas Kasdam.



Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto menambahkan, bisa tergabung dalam satgas misi kemanusiaan ini merupakan kehormatan bagi yang ikut di dalamnya.

“Selamat bertugas, kiranya bisa memberikan manfaat untuk masyarakat yang terdampak bencana”, tambahnya.


Diketahui, keberangkatan satgas ke lokasi bencana juga membawa bantuan untuk para korban seperti berupa 276 karton air mineral, mie instan 325 karton, terpal 2 lembar serta pakaian layak pakai 20 bal juga matras 40 dan seng berjumlah 250 lembar yang diangkut menggunakan KRI Kakap/811.



“Kita di sana untuk membantu pemerintah daerah Kabupaten Sitaro dan juga untuk mengatasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Kemudian yang perlu saya tambahkan di sini tidak hanya mengirimkan personil tapi kita juga membawa alat perlengkapan Tolkit seperti alat perkakas, perbaikan rumah dan sebagainya, kemudian kita juga membawa cangkul, sekop untuk pembersihan jalan  dampak dari erupsi, baik itu abu maupun batu-batu yang ada di jalan”, tutur Kasdam yang saat itu didampingi Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Nouldy Jan Tangka, S.A.P.,M.Tr.Opsla., CHMRP, Danlanusri Manado, Marsekal Pertama TNI Ramot C.P. Sinaga, S.E., M.Han dan Kasrem 131/Stg Kolonel Inf. Yarnedi Mulyadi, S.I.P., MH. (eko)