Editorial Sulut News
Saturday 20 April 2024, Saturday, April 20, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-20T18:05:00Z
BitungHeadline

Mudahkan Akses Bantuan, Pemkot Bitung Bentuk Posko Pendamping BNPB Terkait Erupsi Gunung Ruang

ESN, Bitung - Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM menggelar rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dalam rangka menindaklanjuti pembentukan Pos Pendamping BNPB Erupsi Gunung Ruang Kabupaten Sitaro, Sabtu (20/04/2024).

Menurut Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Albert Sergius Pelenkahu SE sekaligus Jurubicara Pemkot didampingi Kabid Humas Dinas Kominfo Ferdy Pangalila S.Pd, dalam rapat tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, bersama TNI/Polri membahas tentang bagaimana tugas dan fungsi Pos Pendamping BNPB yang berada di Satrol Lantamal VIII Manado di Kota Bitung.

Sementara itu, Wali Kota Maurits mengatakan Pos Pendamping BNPB ini untuk memudahkan akses dan efektifitas baik dari segi koordinasi, evaluasi serta pengelolaan dan mendistribusikan bantuan dalam penanganan darurat bencana.

"Nanti setelah dicatat bantuan-bantuan yang dibawa melalui Posko BPBD Bitung, akan diteruskan ke Pos Pendamping BNPB di Satrol Lantamal VII," ujar Maurits.

Walikota Maurits menambahkan, selain berlokasi di Satrol, Posko BPBD di Kantor Walikota Bitung juga terbuka bagi masyarakat yang akan membawa bantuan bagi warga terdampak erupsi gunung ruang di Kabupaten Sitaro.

"Jadi fungsi utama ada di Satrol Lantamal, sedangkan yang di Posko BPBD Kota Bitung sifatnya hanya membackup. Misalnya, ada masyarakat yang datang membawa bantuan, Posko BPBD wajib menerima dan mencatat, setelah itu petugas posko meneruskan ke Pos Pendamping BNPB yang berada di Satrol Lantamal Vll," tutur Maurits seraya meminta kepada teman-teman media jangan sampai salah membahasakan terkait Pos Pendamping BNPB tersebut. (Eko)