Editorial Sulut News
Wednesday 20 March 2024, Wednesday, March 20, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-20T23:31:12Z
Minahasa

Sukseskan Program 'Mapatik Se Tou", Bupati Kumendong serahkan Dokumen Kependudukan bagi warga bersalin

 


ESN, Minahasa
- Penjabat Bupati Minahasa, Jemmy Stani Kumendong menyerahkan tiga dokumen kependudukan kepada warga yang melakukan persalinan di RSUD Sam Ratulangi Tondano, Rabu (20/3/24).


Dokumen tersebut diserahkan Bupati Kemendong di dampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) Minahasa, Meidy Rengkuan, serta jajaran RSUD Sam Ratulangi Tondano.

Bupati Kumendong mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, untuk mendekatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

"Jadi saat ini Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Minahasa telah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan RSUD Sam Ratulangi Tondano, terkait inovasi pelayanan Mapatik Se Tou atau Ba Tulis Orang," katanya.

Dimana, kata Kuemndong, program Mapatik Se Tou yaitu satu peristiwa kependudukan atau kelahiran untuk menerbitkan tiga dokumen kependudukan. Diantaranya Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) Kartu Identitas Anak (KIA).

"Untuk menindak lanjuti program tersebut, hari ini saya menyerahkan tiga dokumen kependudukan yang melakukan persalinan kepada keluarga Kuhon-Wauran atas nama Aksen Mirachel Kuhon," katanya.

Lebih lanjut Kumemdong menjelaskan, program ini sementara dikembangkan di rumah-rumah sakit dan klinik bersalin. Termasuk rumah-rumah sakit kabupaten kota tetangga di Sulawesi Utara.

"Saat ini juga sementara perampungan terkait perjanjian kerja sama dengan RS Dr JH Awaloei di Kecamatan Mandolang," beber Bupati Kumendong.

(Mrcl/*)