Editorial Sulut News
Thursday 7 March 2024, Thursday, March 07, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-07T14:43:57Z
AdvertorialMinsel

Manfaatkan APBDes, Pemerintah Desa Pakuure Realisasikan Ketahanan Pangan



ESN, Minsel - Pemerintah Desa Pakuure Tiga Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa selatan, merealisasikan program ketahanan pangan melalui dua kegiatan yakni peternakan sapi berjumlah 8 ekor dan pertanian dengan penanaman cabe. Hal itu disampaikan Hukum Tua Desa Pakuure Tiga, Sony Jimmy Salaki, kepada media ini pada, Kamis (5/3/2023).

 

"Program ketahanan pangan ini masuk dalam kegiatan prioritas nasional, dan kami pemerintah desa Pakuure Tiga merealisasikan program ini melalui pertenakan sapi dan penananam benih rica," jelas Salaki.

 




Menurut dia, kegiatan tersebut didanai oleh Dana Desa yang tertata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Pakuure Tiga Tahun Anggaran 2024 dengan nilai total Rp.149.199.140 termasuk pajak.

 

"Kegiatan merupakan salah satu program pengembangan pertanian dan tidak hanya dilaksanakan di kabupaten Minsel saja namun di seluruh wilayah Indonesia karena ini merupakan prioritas nasional," katanya menjelaskan.



Salaki menambahkan, hal ini untuk mewujudkan ketersediaan pangan nasional dan untuk memotivasi seluruh masyarakat untuk terus mengupayakan produktifitas pertanian agar semakin meningkatkan perekonomian di desa.

 

"Pada intinya program ketahanan pangan ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah desa Pakuure Tiga untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu untuk menopang dan menyukseskan program kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan," tandas Salaki. (Adv)

 

Reporter : Jacky Saroinsong