Editorial Sulut News
Thursday 28 March 2024, Thursday, March 28, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-02T10:19:34Z
Minahasa

Glady Kandouw lantik tiga anggota DPRD pengganti antar waktu

 


ESN, Tondano - Tiga anggota DPRD Minahasa pengganti antar waktu (PAW) dari partai Demokrat dan Nasdem sisa masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik melalui sidang paripurna, Rabu (27/03).

Paripurna pengambilan sumpah janji jabatan dipimpin Ketua DPRD Glady Kandouw, didampingi Wakil Ketua l Okstesi Prisilia Runtu, Wakil Ketua ll Denny Kalangi, dan Sekretaris Rianny Suwarno, serta pj bupati Jenmy Kumendong, Sekda Lynda Watania dan jajaran forkopimda.

Ketua DPRD, Glady Kandouw mengatakan pemberhentian dan pergantian antarwaktu dalam perjalanan keanggotaan DPRD adalah suatu hal yang wajar. Adapun proses dan mekanismenya sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“PAW merupakan perintah undang undang. Berdasarkan usulan dari pimpinan partai dan Keptusan gubernur, ” ujar Glady.

Pada kesempatan tersebut, Glady Kandouw membacakan nota pelantikan dan pengambilan sumpah janji sekaligus memasangkan pin kepada tiga anggota legislatif yang baru.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, menyerahkan surat keputusan (SK) pelantikan kepada ketiga anggota legislatif yang baru.

Bupati Kumendong menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tiga anggota legislatif sebelumnya, atas dedikasi serta komitmen selama mengemban tugas sebagai anggota DPRD Minahasa.

Selanjutnya, Bupati Kumendong menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya tiga anggota DPRD Minahasa yang baru saja mengambil sumpah janji pergantian antar waktu.

“Saya berharap dengan adanya pergantian anggota DPRD di sisa masa jabatan 2019-2024 ini, tidak mempengaruhi ritme dalam mengawal amanah rakyat dan partai yang diwakili demi kemajuan dan kemajuan bersama,” kata Kumendong.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Riany Suwarno membacakan surat keputusan Gubernur Sulawesi Utara terkait pergantian antar waktu anggota DPRD Minahasa.

Dimana, tiga anggota yang di PAW, yakni Deily Watulingas dari Demokrat (Dapil I), Debi Kaseger Demokrat (Dapil II), dan Ansye Taniowas Nasdem (Dapil II). Sedangkan legislatif yang baru akan mengisi posisi ketiganya yakni Renaldo Sengke, Rini Kambey dan Paula Assa.

Diketahui, Deily Watulingas digantikan oleh Renaldo Sengke. Alasan digantinya Deily, dikarenkan mendapat surat teguran dari Partai Demokrat. Sementara untuk Debi Kaseger diganti Rini Kambey dan Ansye digantikan Paula Assa. Keduanya di PAW karena pada Pileg 2024, pindah ke PDI Perjuangan.

(Mrcl/*)