Editorial Sulut News
Tuesday 19 March 2024, Tuesday, March 19, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-19T23:15:47Z
Minahasa

Dibuka Kumendong, Kementrian Pertanian gelar penyuluhan bagi para peternak babi di Desa Pinabetengan

 


ESN, Tompaso - Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong membuka kegiatan Peluncuran Implementasi Peluncuran Program Community ASF Biosecurity Intervention (CABI) bagi peternak Babi skala mikro kecil di wilayah percontohan Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian dalam bentuk penyuluhan bagi peternak babi itu digelar di Balai Desa Pinabetengan Kecamatan Tompaso Barat, Selasa (19/3/2024).

Dalam Sambutannya, Pejabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Kumendong M.Si sangat mengapreseasi digelarnya kegiatan ini. "pelaksanaan kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk membuat para peternak mampu beternak dengan baik," tukasnya.

Kepada para peternak Kumendong berharap, dapat mengikuti kegiatan penyuluhan ini dengan baik agar supaya bertambah pengetahuan bagaimana beternak babi secara baik pasca virus ASF, utamanya untuk mendapatkan hasil produksi ternak babi.

"Tujuan pelaksanaan program CABI yaitu melatih peternak babi skala mikro kecil agar memiliki pengetahuan dalam menerapkan Biosecurity dan saya harap ini menjadi solusi bagi peternak untuk memutus matarantai pengendalian ASF serta dapat memberikan informasi kepada para peternak lainnya," ujarnya.

Lanjut Kumendong, dengan adanya program CABI dari Kementerian Pertanian R.I, kita akan lebih modern lagi dengan mengelola ternak babi di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa.

Sementara Kepala Balai Besar Maros Agustia, menyampaikan, Target mereka dengan adanya program CABI ini bisa merubah cara beternak babi bagi para peternak dalam rangka mengantisipasi penyakit ASF.

"Target kami para peternak babi di Kabupaten Minahasa  dapat kembali berkembang dengan hasil yang maksimal tanpa ASF," imbuhnya.

Turut hadir, Direktur kesehatan hewan diwakili ketua kelompok substansi perlindungan hewan, Ira Firgorita, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Agustia, Perwakilan FAQ untuk Indonesia dan timur Leste Rajendra Aryal, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Margaretha Ratulangi, Camat Tompaso Barat, Stevri V. Pandey, Hukum Tua Pinabetengan Elsye Tandaju, Para Peserta Peternak sertan undangan lainnya.

(Mrcl/*)