Editorial Sulut News
Wednesday 7 February 2024, Wednesday, February 07, 2024 WIB
Last Updated 2024-02-11T08:25:37Z
HeadlineKota Tomohon

WL, politisi berpengaruh dan kenyang pengalaman, enggak sombong dekat dengan kalangan bawah

 

Wenny Lumentut.foto.ist.


ESN, Manado - Siapa tak kenal Wenny Lumentut (WL), sosok politisi yang kenyang pengalaman serta suka membantu sesama ini, kini menjadi calon anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, nomor urut 5.

Pengalaman di legislatif dan eksekutif sudah dia jalani. Di legislatif, WL pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2014-2019, dan di Eksekutif, dia pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Tomohon, periode 2021-2024.

Di Partai Politik, WL juga pernah menjabat sebagai Ketua Partai Gerindra Sulut hingga mundur dan memilih bergabung dengan PDI Perjuangan. WL saat ini dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut.

WL dikenal juga sebagai salah satu sosok politisi paling berpengaruh di Sulut. Kedekatannya dengan Gubernur Olly Dondokambey (OD), menjadikan WL semakin disegani di kalangan politisi di daerah ini.

Selain OD, WL juga bersahabat karib dengan Andrie Angouw, Walikota Manado saat ini. Di kalangan pengusaha, termasuk dengan sembilan pengusaha besar di Manado keturunan Tionghoa, yang sering disebut 9 Naga, WL juga terkenal dekat.

Tidak hanya dikalangan politisi dan pengusaha, berkat hobi menyanyinya, membuat WL juga dikenal dekat dengan kalangan artis maupun penyanyi tanah air. Sebutlah Obbie Mesakh dan Andre Hehanusa.

Namun demikian, meski punya segudang pengalaman dan menjadi sosok politisi berpengaruh serta sukses di bidang usaha yang kini ditekuninya, tidak membuat WL jumawa dan tinggi hati.

WL tetap menjadi WL yang dulu, terkadang keras dengan kata-kata, tapi selalu dekat dan tulus membantu sesama.  Tak jarang, dia selalu merogoh kocek pribadinya, untuk disumbangkan ke Gereja maupun Mesjid.

Tidak heran, dengan sifat baiknya itu, WL sering disebut 'Papa Ani' oleh warga. Semua unsur usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai oma dan opa, telah merasakan kebaikan WL, termasuk tentu saja dikalangan para 'kuli tinta'.

(Mrcl*)