Editorial Sulut News
Thursday 8 February 2024, Thursday, February 08, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-20T02:30:53Z
AdvertorialAdvetorialMinahasa

Bupati Jemmy Kumendong launching Dana Desa tahun anggaran 2024

 


ESN, Tondano - Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong, MSi menghadiri Launching Dana Desa tahun 2024, sekaligus menyerahkan Lencana Desa Mandiri dan Peresmian hasil-hasil kegiatan pembangunan Desa tahun 2023, di Wale Ne Tou Tondano, Kamis (8/2/2024).

Dalam arahannya, Bupati Kumendong menyampaikan apresiasi kepada KPPN Manado yang selalu membimbing Pemkab Minahasa. 


"Bersyukur karena dana desa sudah bisa di launching. Semua ini karena kesigapan dan upaya dari semua pihak sehingga bisa terselenggara, tentu pemanfaatan dana desa harus dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran," tukasnya.


Terkait dana desa, lanjut Kumendong untuk pembentukan BUMDes sebaiknya dicari usaha yang baik, bukan hanya simpan pinjam. Selain itu, penanganan stunting juga harus dihindari sejak awal dalam kandungan, jangan hanya beli kacang hijau tetapi ditambah susu,.

Dia juga mengapresiasi status tertinggi desa mandiri di Minahasa karena sudah 167, dari 227 desa yang ada. Harusnya akan mendapatkan tambahan dana desa melalui alokasi kinerja. Dan jangan cuma karena laporan dari pendamping desa, tetapi betul-betul karena kemandirian desa. 



"Saya apresiasi untuk pembangunan desa. Jangan kepala desa menjadi pesimis karena menganggap semua sudah diatur, namun tetap optimis melakukan tugas mulia untuk pembangunan desa," ujarnya.

Diingatkan kepada semua aparat Desa agar jangan main-main dengan dana desa. Sebaiknya publikasikan terbuka melalui website atau terpampang di kantor desa.



"Anda diawasi oleh pengawas internal maupun eksternal yang berwenang seperti kejaksaan dan kepolisian serta para LSM. Jadi, saya harap lakukan pekerjaan sesuai aturan yang berlaku," tukasnya.

Bupati juga mengingatkan soal pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan penggunaan Dana Desa.


"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam proses perencanaan dan pengawasan penggunaan Dana Desa agar hasilnya dapat dirasakan secara merata oleh seluruh warga," pungkasnya.

Turut hadir pada Launching Dana Desa tahun 2024, Kapolres Minahasa AKBP Sophian, Dandim 1302 Minahasa Letkol Muktabir, Kejari Minahasa Diky Oktavia, Sekda Minahasa Dr Lynda Watania, Kepala Dinas PMD Arthur Palilingan, para Asisten dan jajaran pejabat Pemkab Minahasa lainnya serta Hukum Tua se Kabupaten Minahasa.

(Mrcl/*)