Editorial Sulut News
Sunday 28 January 2024, Sunday, January 28, 2024 WIB
Last Updated 2024-01-29T03:48:08Z
BitungHeadline

Maksimalkan Kesiapan Pemilu, KPU Bitung Gelar Simulasi Pemungutan Suara




ESN, Bitung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan suara yang di gelar di Kelurahan Apela Satu, Senin (29/01/2024).

Simulasi dibuka oleh Ketua Divisi Teknis bagian penyelenggaraan Pemilihan Umum Yunony Rawung dan disaksikan langsung Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri dan KPU Desly Sumampouw.

Menurut Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw, simulasi ini untuk memastikan kesiapan petugas KPPS dalam pemilu 2024. 

"Disini kita bisa melihat seberapa siap KPPS kita dalam menyambut pesta demokrasi khususnya pada tanggal 14 Februari 2024, nanti sekaligus bisa mengevaluasi para petugas, dan mengantisipasi apa saja yang akan terjadi di TPS", kata Deslie.


Ketua KPU Kota Bitung Deslie Aumampouw

Deslie juga menuturkan, simulasi ini dilaksanakan mengacu pada program dari KPU RI, karena simulasi ini akan menjadi evaluasi, kami kata Desly disela-sela pelaksanaan simulasi pencoblosan.

“Kita akan lihat kalau memang mereka sudah oke sudah sesuai yang kami harapkan atau sudah sesuai apa yang diberikan saat Bimtek, tentu Pada pelaksanaan hari Pemilihan yang akan digelar pada dua pekan depan akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama,” katanya.

Terpantau media ini, para petugas PPK dan PPS serta Forkopimda serta masyarakat di Kelurahan Apela Satu melibatkan diri dalam simulasi tersebut, dimana masyarakat memerankan menjadi pemilih dalam pemungutan suara. (Eko)