Friday 16 June 2023, Friday, June 16, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-16T22:52:49Z
Minahasa

Wabup RD sebut guru Sekolah Minggu mengemban peran mulia untuk pembentukan iman generasi Kristen

 

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey


ESN, Langowan
- Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey menghadiri sekaligus narasumber pada penataan dasar guru sekolah minggu, wilayah Langowan Dua, bertempat di Jemaat GMIM Sion Taraitak, Jumat (16/6/23).


Wabub mengatakan, usia anak-anak merupakan masa yang potensial untuk belajar dan tidak boleh ditelantarkan. Oleh sebab itu, tugas guru sekolah minggu harus bemembentuk pribadi rohani anak-anak, agar bertumbuh dan berkembang di dalam Kristus. Sehingga memiliki karakter kuat, kemandirian berpikir, cerdas, inovatif dan kreatif.

Karena, lewat input pengajaran yang diberikan dalam sekolah minggu. Diharapkan akan melahirkan output kepribadian yang tangguh serta mandiri. Dan pada gilirannya menjadi sosok generasi penerus yang mampu mentransformasikan nilai kasih Kristus dalam kehidupan berjemaat serta bermasyarakat.

“Guru sekolah minggu mengemban peran mulia untuk pembentukan iman generasi Kristen selanjutnya. Dengan menanamkan nilai-nilai moral yang tercermin melalui pribadi Tuhan Yesus Kristus. Nilai-nilai kekristenan ini, harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini, karena inilah yang nantinya akan membentuk karakter anak,” katanya.

Wabup mengingatkan bahwa anak-anak dalam perkembangannya, senantiasa mencari sosok untuk dijadikan suri teladan. Karena itu, guru sekolah minggu harus senantiasa menjaga sikap dan prilaku dalam keseharian hidup.

“Jadilah teladan dengan memberikan contoh yang baik bagi anak-anak sesuai dengan ajaran Kristus yang diberitakan. Sehingga ada konsistensi antara pengajaran dan keteladanan yang kita contohkan. Sebab keteladanan sangat mempengaruhi perkembangan rohani anak,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Wabup RD, guru sekolah minggu senantiasa dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas dan mensinergikan visi serta misi secara kontinyu.

“Dari aspek manfaat, tentu saja kegiatan pembekalan ini merupakan sarana untuk menambah pengetahuan dan merupakan wahana untuk menajamkan visi, misi dan semangat pelayanan, serta meningkatkan kebersamaan antar guru sekolah minggu, sekaligus memantapkan program kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan,” katanya.

RD pun menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, mengucapkan selamat mengikuti kegiatan penataran dasar guru sekolah minggu kepada para peserta.

“Kiranya kegiatan ini akan meningkatkan kapasitas sekaligus kebersamaan para guru sekolah minggu Wilayah Langowan Dua, dalam mendidik generasi penerus yang hebat, berdaya saing dan terlebih takut akan Tuhan,” pungkasnya.

(Mrcl*)