Editorial Sulut News
Thursday 22 June 2023, Thursday, June 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-22T18:35:34Z
BitungKumHam Sulut

Dengan Bercocok Tanam, Lapas Bitung Tingkatkan Pembinaan Kemandirian Terhadap Warga Binaan



ESN, Bitung - Bidang Kegiatan Kerja Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bitung Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara terus melakukan inovasi dalam pelaksanaan program pembinaan kemandirian terhadap warga binaan yang berada di Lapas Bitung.

 

Salah satunya adalah dengan kegiatan bercocok tanam pada beberapa lahan kosong yang berada pada area brandgang. Terlepas dari sterilnya area tersebut, kegiatan cocok tanam ini dikhususkan terhadap WBP yang sudah memenuhi kriteria dan berperilaku baik.

 

Menurut Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Kegiatan Kerja Septiano Sidabutar, pihaknya akan terus mengelola lahan yang dimiliki Lapas Bitung secara bertahap untuk ditanam berbagai jenis macan sayuran-sayuran dan buah-buahan.

 

"Kita memiliki lahan yang cukup luas untuk ditanam berbagai macam jenis tanaman. Tidak hanya fokus penanaman buah-buah pada Agrowisata, kita juga akan melakukan pemanfaatan lahan untuk ditanami macam-macam jenis sayuran," tutur Septiano kepada wartawan, Kamis (22/06/2023).

 

Menanggapi hal tersebut Kepala Lapas Kelas IIB Bitung Syukron Hamdani berharap kegiatan ini dapat meningkatkan Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lapas Bitung.

 

"Melalui program Pembinaan Kemandirian, kedepan harapan kami Lapas Bitung mampu menjadi salah satu penyumbang ketahanan pangan khususnya di Kota Bitung, baik itu buah-buahan maupun sayur-sayuran," jelas Syukron. (**)