Monday 8 May 2023, Monday, May 08, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-08T23:34:04Z
Minahasa

Dibuka Wabup RD, 7.326 siswa SD/SMP di Kabupaten Minahasa ikuti Ujian Sumatif Akhir Jenjang

 

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey saat ikut membagikan soal ujian kepada salah seorang siswa SMP. (Foto.ist)


ESN, Tondano - Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Robby Dondokambey (RD), resmi membuka pelaksanaan Ujian Sumatif Akhir Jenjang (USAJ) tingkat SD/SMP di Kabupaten Minahasa, Senin (8/5/2023).

Pembukaan USAJ itu ditandai dengan buka naskah soal ujian secara simbolis oleh Wabup RD bertempat di SMP Negeri 4 Tondano.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup RD turut memberikan semangat kepada siswa-siswi yang akan mengikuti ujian.

“Sebelum mengerjakan soal ujian, adik adik jangan lupa untuk dahului dengan doa minta pertolongan Tuhan. Jangan gugup agar soal yang diberikan bisa dikerjakan sebaik mungkin,” kata Wabup RD.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tommy Wuwungan menjelaskan, jumlah peserta USAJ untuk SD berjumlah 3410 siswa/siswi terbagi di 340 sekolah dan untuk SMP sebanyak 3916 peserta yang terbagi di 103 Sekolah.

“Jadi total keseluruhan peserta ujian SD dan SMP berjumlah 7326 siswa siswi yang tersebar di seluruh Minahasa,” tukasnya.

Untuk ujian SMP, dijelaskan Wuwungan akan berlangsung selama 5 hari, yaitu dari tanggal 8 –hingga 12 Mei 2023.

"Hari pertama Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, hari kedua Matematika dan PPKN, hari ketiga Bahasa Inggris dan IPS,
hari keempat IPA dan PJOK serta hari kelima Seni Budaya dan Prakarya," imbuhnya.

Sedangkan untuk SD, lanjut dia akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 8 hingga 11 Mei 2023.

"Hari pertama Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Budi Pekerti, hari kedua Matematika dan PPKN, hari ketiga IPA dan IPS, hari keempat Seni Budaya dan PJOK," ujarnya.

(Mrcl*)