Thursday 20 April 2023, Thursday, April 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-20T22:44:21Z
Minahasa

Stefanus BAN Liow gelar B3 dengan Forum Kelompok Tani Gaharu di perkebunan Desa Parepei Romboken

 

Stefanus BAN Liow bersama para anggota dan pengurus Kelompok Tani Gaharu.


ESN, Romboken - Acara bertajuk bakudapa (bertemu), bacirita (bercerita) dan batanam (menanam) atau B3 bersama Senator Ir. Stefanus BAN Liow, MAP Anggota DPD RI Dapil Sulut dengan Forum Kelompok Tani Gaharu berlangsung di Perkebunan Desa Parepei Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa, Rabu (19/4).

Perjumpaan dengan penuh kebersamaan dan semangat inilah, membuat Senator Stefanus BAN Liow menyatakan salut dan bangganya karena kebanyakan para petani yang terhimpun dalam penggiat gaharu serta  kelestarian alam dan lingkungan hidup adalah berusia lanjut, bahkan tiga diantaranya diatas 80 tahun.

Senator Stefa, sapaan akrab Anggota Komite II dan Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI menyatakan salut dan bangganya, dimana sudah usia lanjut, tetapi luar biasa semangat mereka  melakukan penanaman pohon, seperti gaharu, kayu hitam dan cendana serta jenis pohon kayu lainnya secara swadaya dan mandiri, demi anak cucu, sekaligus juga untuk kelestarian alam dan  lingkungan serta  memberikan nilai tambah ekonomis (kesejahteraan) dimasa mendatang.

"Ini yang harus kita teladani,  termasuk kalangan milenial untuk terus bergerak menaruh perhatian dan kepedulian terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup,'' kata Senator Stefanus Liow yang ternyata penggiat lingkungan hidup sejak muda sebagai Ketua Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupala) Tahun Amurang Tahun 1986 dan Ketua Mapala Mapalus ITM Tahun 1990.

Dalam sesi bacirita sejumlah peserta, seperti Dr. Yansen Tuuk, STh Yeles Tambuwun, Vidy Roring Pandey, STh dan Loesly Kambey, STh,  mengungkapkan kendala-kendala yang dihadapi dan sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah, seperti obat suntik gaharu untuk inokulasi, sarana prasarana pembuatan tea/kopi garahu serta kebutuhan lainnya untuk pengembangan gaharu di Sulut.

Penasehat Forum Kelompok Gaharu Sukut Yeles Tambuwun dari Sonder yang sudah berusia 83 tahun menyatakan terus menanam, selain gaharu tetapi juga kayu hitam dan cendana. Yeles Tambuwun bersama pengurus forum dan semua peserta memberikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran, motivasi, perhatian dan kepedulian dari Senator Stefanus BAN Liow yang terjun langsung berbaur dengan para petani.

Bahkan Ketua Forum Kelompok Gaharu Sulut Jhony Rukait menyatakan salut dan bangga juga karena sebelum 'bacirita', Senator Stefanus Liow melihat langsung budidaya gaharu  dan setelahnya melakukan penanaman bibit pohon gaharu, murbey, kayu hitam dan cendana.

Lebih lanjut Johny Rukiat menjelaskan manfaat pohon gaharu, seraya mengatakan ada sekitar 52 kelompok yang aktif dan telah memiliki sertifikat. Hadir dalam acara tersebut yakni Kepala Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Minahasa Lucky Rumimpunu, SP dan Koordinator Penyuluh KPH Unit V James Kumowal, SP bersama jajaran Penyuluh Kehutanan, Pengurus Forum dan Ketua-Ketua Kelompok Tani Hutan Gaharu dari Minahasa, Mitra dan Minsel.

(*)