Thursday 27 April 2023, Thursday, April 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-27T21:32:56Z
Minahasa

Dibuka Wabup RD, 99 siswa SMA/SMK ikuti seleksi calon Paskibraka Kabupaten Minahasa

 


ESN, Tondano - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Robby Dondokamney (RD) secara resmi membuka seleksi calon Paskibraka Kabupaten Minahasa Tahun 2023, bertempat di ruang sidang kantor Bupati Minahasa, di Tondano, Kamis (27/4/23).

Seleksi Paskibraka ini diikuti oleh sebanyak 99 orang siswa yang dijaring dari 216 siswa SMA/SMK di Minahasa yang mendaftar sebagai calon Paskibraka.

Wabup RD mengatakan, program Paskibraka ini telah di atur dalam peraturan presiden nomor 51 tahun 2022, dimana perekrutannya dilakukan melalui proses seleksi.

"Untuk itu maka dilaksanakan kagiatan seleksi calon Paskibraka, yang nantinya mengemban tugas berat dan mulia pada upacara pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka dalam rangka mempringati hari kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus mendatang," ujarnya.

RD berharap para siswa peserta seleksi dapat mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi dengan sungguh-sungguh, dan dapat menampilkan seluruh kemampuan yang terbaik.

"Kegiatan paskibaraka yang dilaksanakan setiap tahun, janganlah dijadikan sebagai kegiatan rutinitas belaka, namun harus ada upaya peningkatan kualitas secara terus menerus, untuk itu perlu kerja keras dan semangat kebersamaan dari seluruh pihak yang terlibat," tambahnya.

Adapun tim seleksi terdiri dari unsur Polres Minahasa, Kodim 1302 Minahasa, unsur Badan Kesbangpol Minahasa, unsur Dinas Kesehatan Minahasa dan unsur Purna Paskibraka Minahasa.

Seleksi dilaksanakan menggunakan metode Tes berbasis Teknologi Informatika, Tes Pengamatan Fisik dan Tes Wawancara juga seleksi lanjutan, berupa seleksi administrasi, seleksi kesehatan, seleksi pembinaan Ideologi Pancasila, seleksi intelensia umum, seleksi kesamaptaan dan PBB serta seleksi kepribadian.

(Mrcl*)