Editorial Sulut News
Tuesday 28 March 2023, Tuesday, March 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-29T05:21:26Z
Bitung

Tingkatkan Informasi Publik, Humas Lapas Bitung Ikuti Asistensi Penguatan Kehumasan



ESN, Bitung - Guna memaksimalkan tugas dan fungsi kehumasan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bitung mengikuti asistensi penguatan tugas kehumasan yang dilaksanakan di Aula Karema Grand Luley Manado, Selasa (28/03).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tim Humas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dilingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara. 

Dalam kegiatan tersebut, Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Rika Aprianti memberikan asistensi kepada seluruh peserta tentang cara menangani krisis komunikasi yang terjadi pada masing-masing UPT.

Seperti diketahui bahwa Pemasyarakatan adalah isu positif yang sangat menarik perhatian masyarakat, sehingga sangat rentan terhadap krisis komunikasi. Maka dari itu dalam menghadapi situasi krisis komunikasi, peran humas sangat dibutuhkan dalam melakukan kontra narasi melalui siaran pers.

"Pemasyarakatan adalah isu yang "Sexy" dan dapat berupa berita positif ataupun negatif, sehingga sudah menjadi tugas kita untuk membangun citra positif organisasi kita," ujar Rika.

Kepala Lapas Kelas IIB Bitung Syukron Hamdani berharap dengan kegiatan asistensi ini dapat meningkatkan kapasitas petugas pemasyarakatan terhadap keterbukaan informasi publik dan penanganan krisis komunikasi.

"Insya Allah dengan kegiatan seperti ini dapat mendorong kinerja kehumasan kita dalam memberikan informasi terhadap masyarakat dan penanganan krisis komunikasi yang tepat," ungkap Syukron. (**)