Editorial Sulut News
Wednesday 8 February 2023, Wednesday, February 08, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-08T12:04:23Z
HeadlineKota Tomohon

Breaking News : Gunung Lokon Status Level II Waspada

 

Gunung Lokon. Foto (istimewa)


ESN, Tomohon - Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara kini mengalami peningkatan status ke Waspada Level II. Hal ini sebagaimana kami dilansir dari situs magma.esdm.go.id.

Gunung yang memiliki ketinggian 1.580 meter diatas permukaan laut itu, mengalami peningkatan kegempaan vulkanik dangkal dan tektonik.

"4 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 3-18 mm, dan lama gempa 3-5 detik. 1 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 4 mm, S-P tidak teramati dan lama gempa 226 detik," kata Farid Ruskanda Bina, A.Md, Kepala Pos Pengamatan Gunung Berapi Lokon.

Oleh karena itu, masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati dan melakukan aktivitas di dalam radius 1.5 km dari Kawah Tompaluan.

Selain itu, jika terjadi letusan dan hujan abu, masyarakat di himbau untuk tetap berada di dalam rumah, dan apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan masker dan kacamata.

"Perlu juga diwaspadai potensi lahar pada sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Lokon terutama pada musim hujan," tukas Farid.

(Red01*)