Editorial Sulut News
Monday 16 January 2023, Monday, January 16, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-19T04:32:11Z
Bitung

Walikota Maurits Resmikan Sekretariat Lima Perisai Kota Bitung



ESN, Bitung - Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, M.M meresmikan Gedung Sekretariat Lima Perisai yang berlokasi di sisi Utara Gedung Kesenian Kota Bitung, Senin (16/01/2023).

Gedung Sekretariat Lima Perisai, siap digunakan untuk kegiatan-kegiatan kesenian, kepemudaan, dan kebudayaan. Presidium Sanggar Tangkasi, yang diwakili oleh sekertaris Sanggar Tangkasi Donald Bentian, SH mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota, juga Pak Sekda yang sudah membangun Gedung Sekretariat Sanggar Tangkasi.

“Dengan adanya gedung ini, kami bisa mengadakan rapat dan pertemuan serta menjadi tempat untuk membahas agenda tahunan sanggar tangkasi. Selain itu, gedung ini juga bermanfaat sebagai tempat untuk pemberian materi teater untuk sanggar-sanggar binaan atau sekolah”, kata Donald.

Donald juga mengatakan, gedung ini juga dapat digunakan oleh anggota sanggar yang memiliki kemampuan berliterasi untuk menciptakan karya atau membuat karya puisi, sastra, naskah drama maupun naskah untuk film. Tercatat saat ini ada 33 Sanggar Binaan yang dibina oleh Sanggar Tangkasi.

Wali Kota Bitung dalam sambutannya menyampaikan “Banyaknya prestasi yang diberikan untuk Kota Bitung, sehingga perlu ada perhatian dari Pemerintah Kota Bitung. Maka dari itu, dengan melihat intensitas kegiatan yang dilaksanakan Sanggar Tangkasi, dipandang perlu untuk pengadaan Sekretariat.”

Wali Kota Bitung juga menambahkan  “Kegiatan komunitas dibawah Lima Perisai mendorong berbagai kegiatan anak muda di Kota Bitung. Karena saat ini basis kegiatan anak muda adalah komunitas. Berbeda dengan era sebelumnya”.

Walikota juga mendorong upaya Digitalisasi lewat Sanggar Tangkasi dan Lima Perisai.

“Saya yakin, adanya Gedung Sekretariat ini, Komunitas Lima Perisai akan lebih banyak menghasilkan karya dan prestasi. Anak-anak muda tidak butuh kantor, mereka butuh internet. Inilah yang akan kami fasilitasi. Komunitas Lima Perisai juga harus membiasakan diri dengan digitalisasi sehingga akan lebih mudah dalam menciptakan karya. Penggunaan aplikasi, meeting online, sampai pada transaksi non-tunai/cashless”, imbuh Maurits.

Peresmian Gedung Sekretariat ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bitung; Ir. Ignatius Rudi Theno, M.T, Presiden Lima Perisai; Leonardo Axel Galatang, Anggota DPRD Kota Bitung; Geraldi Mantiri, S.E, Direktur Utama PDAM Kota Bitung; Alfreds Salindeho, Dewan Pengawas PDAM Kota Bitung; Drs. Jefri Wowiling, Sekretaris Dinas Pendidikan; Jhon Simarmata, Camat Girian; Kader Djumading, S.Sos, Pengurus dan Anggota Lima Perisai. (**)