Editorial Sulut News
Sunday 18 December 2022, Sunday, December 18, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-19T02:54:33Z
BitungHeadline

Empat Rumah di Kelurahan Girian Bawah Jadi Sasaran Amukan Sijago Merah



ESN, Bitung - Naas menimpa 4 keluarga di kelurahan Girian Bawah yang  rumahnya menjadi sasaran amukan si jago merah dalam peristiwa kebakaran yang terjadi pada Minggu (18/12/2022).

 

Menurut saksi Alwan Mokoginta, saat dirinya sedang berada di dekat lokasi, dirinya melihat asap di sertai api berasal dari rumah Kel. Kahimpong - Martin yang di gunakan sebagai Bengkel Jok Mobil. Kemudian dirinya langsung berusaha memanggil masyarakat setempat dan langsung berusaha memadamkan api dengan air yang di ambil dari rumah - rumah warga sekitar lokasi kebakaran.

 

Hal serupa juga diungkapkan Fredy Wagino yang menuturkan saat tiba di lokasi kebakaran dirinya melihat api berawal dari Bengkel Jok Mobil milik Om Ungke dan api mulai dengan cepat membakar rumah Kel. Kontu - Kahimpong, Kel. Andi Daeng dan Kel. Matsoleh.

 

Dari keterangan Polisi, peristiwa kebakaran tersebut dikarenakan korsleting arus pendek listrik sudah sering terjadi di Kota Bitung, dikarenakan instalasi listrik yang sudah tua sehingga tidak mampu menampung daya listrik dan di dukung dengan bangunan yang terbuat dari Kayu membuat api dengan cepat membakar seluruh isi rumah bahkan rumah yang ada di sekitar.

 

Dengan peristiwa kebakaran tersebut, kiranya sangat diperlukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bitung untuk melakukan sosialisasi terhadap warga masyarakat agar dapat memperbaiki instalasi rumah yang sudah tua dan tidak menggunakan listrik melebihi kapasitas meteran listrik serta dapat lebih berhati-hati pada saat membuang puntung rokok di tempat yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian material mencapai ratusan juta rupiah. (**)