Sunday 21 November 2021, Sunday, November 21, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-22T00:28:17Z
AdvertorialAdvetorialKota Tomohon

Wapres Ma'ruf Amin canangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi se-Infonesia

 

Prasasti Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi se- Indonesia yang ditandatangani Wakil Presiden Ma'ruf Amin

ESN, Tomohon - Kota Tomohon kembali meraih prestasi membanggakan pasca dipimpin oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk dan Wakil Walikota Wenny Lumentut.



Terbaru, oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Kota Tomohon di tetapkan sebagai Kota Toleransi se-Indonesia.



Pencanangan itu dilakukan dalam kegiatan pembukaan Konferensi Nasional FKUB Ke-VI se - Indonesia dan Pekan Kerukunan Internasional 2021 yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel Sutan Raja, Kabupaten Minahasa Utara, Jumat pekan lalu (19/11/2021).



Walikota Tomohon Caroll Senduk bersama Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut ikut menghadiri langsung pencanangan itu.

" Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya canangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan pertolongan-Nya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan,” kata Wapres Ma'ruf Amin.



Selanjutnya, dalam sambutannya Amin mengatakan, dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk dan memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, adat dan budaya, para pendiri bangsa atau founding fathers telah berhasil merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan atau konsensus nasional.

Lebih jauh diungkapkannya, bahwa hal itu juga dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran, dan tidak egois serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing.



“ Sikap-sikap positif ini harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita khususnya kalangan milenial, generasi Z, dan generasi yang lebih belia lagi,” tegas Wapres.

Terkait hal itu, Wapres juga mencatat bahwa masyarakat Sulut mampu merawat keutuhan bangsa dengan meneruskan jejak para founding fathers yang menumbuhkan nilai-nilai toleransi.



Untuk itu, Wapres menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Sulut yang telah berperan menciptakan kerukunan antar warga tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya.

“ Saya bangga dengan masyarakat Sulawesi Utara yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang toleran,” puji Wapres.

Sementara itu, Walikota Tomohon Caroll Senduk memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada tokoh-tokoh agama dan seluruh  masyarakat kota Tomohon yang bersinergi dengan Pemkot sehingga kota Tomohon boleh mendapat pengakuan sebagai kota toleransi se-indonesia yang dibuktikan dengan dicanangkannya kota tomohon sebagai kota toleransi oleh Wapres Ma'ruf Amin.



" Kiranya kerukunan yang telah tercipta selama ini akan tetap dijaga dan lestarikan. Terima kasih kepada pemerintah pusat dan terima kasih kepada bapak wakil presiden yang telah mencanangkan kota Tomohon sebagai kota toleransi se-indonesia," pungkasnya.

(AdvertorialAds*)