Wednesday 24 November 2021, Wednesday, November 24, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-24T11:40:23Z
Kota Tomohon

Bupati Tasikmalaya belajar tata kelola tanaman aren di Kota Tomohon

 

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut.

ESN, Tomohon - Bupati Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat Ade Sugianto beserta rombongannya, Rabu (24/11/2021) melakukan kunjungan ke Kota Tomohon.

Kunjungannya itu guna belajar soal budidaya tanaman pohon aren beserta hasil olahannya.

Tiba di Kota Tomohon, tepatnya di lokasi Show Window, Sugianto langsung disambut Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut (WL).

" Selamat datang di Kota Tomohon dan terima kasih kepada bapak Bupati bersama rombongan yang telah berkunjung di kota sejuk Tomohon," kata wawali WL.

Soal tanaman pohon aren, dijelaskan WL bahwa tanaman itu memiliki kelebihan dan manfaat ekonomi lebih jika dibandingkan dengan tanaman pohon lainnnya.

" Karena itu, tanaman aren menjadi pilihan utama yang berlaku hingga sekarang. Pohon aren mulai akar batang daun, lidi ijuk hingga nirahnya dapat dimanfaatkan," tukasnya.

Tukas WL lagi, pengembangan tanaman aren dengan hasil turunannya yaitu air nirah,  bisa diproses melalui penyulingan menjadi uap dan menghasilkan alkohol yang juga dapat digunakan sebagai hand sanitizer. 

" Begitupulah dengan proses pengolahan air nirah yang dimasak dalam kuali kemudian menjadi gula batu dan gula semut. Hasil gula aren ini digunakan sebagai bahan pokok untuk membuat kue-kue tradisional," imbuhnya.

Sementara Ade Sugianto mengungkapkan bahwa kurang lebih 2 tahun pihaknya merencanakan kunjungan kerja kerja di Kota Tomohon.

" Namun karena pandemi Covid - 19 akhirnya baru dapat terlaksana hari ini. Perasaan saya saat bertemu dengan bapak Wakil, walaupun ini pertama kalinya kami bertemu, saya merasa seperti bertemu dengan kawan lama dimana kami sama-sama pejuang rakyat saat duduk di DPRD, jadi langsung nyambung," ujarnya.

Sugianto mengaku bersyukur, saat pertama kali datang di Tomohon. Menurutnya, datang ke Kota Tomohon seperti pulang rumah. Hal itu karena kemiripan Tomohon dan Tasikmalaya.

" Walaupun perlu diakui Tomohon lebih indah karena bunganya," 

Dikatakan Sugianto lagi, Tasikmalaya merupakan daerah dengan lahan aren terbesar bahkan mungkin didunia, tapi pengeloaanya masih tradisional.

" Oleh karena itu kami datang di Kota Tomohon untuk belajar pengolahan, belajar tata kelola dan belajar sistem dari Kota Tomohon," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, Sugianto bersama rombongan juga melakukan kunjungan ke pabrik gula aren Masarang, dan lokasi wisata danau linow. 

Turut hadir jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya serta Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu.

(Mrcl*)