Editorial Sulut News
Saturday 29 May 2021, Saturday, May 29, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-30T02:50:03Z
HeadlineNasional

Sulawesi Utara bakal kecipratan dana hibah dari Amerika Serikat triliunan rupiah

 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa 

ESN, Pekanbaru - Provinsi Sulawesi Utara bakal kebagian dana hibah dari Millenium Challenge Corpration (MCC) Amerika Serikat yang bakal diperuntukkan bagi beberapa program pembangunan.

Dilansir dari Merdeka.Com, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan, Sulawesi Utara beserta dua provinsi lainnya akan mendapatkan dana hibah sekitar Rp 4 triliun dari MCC.

Adapun dua provinsi lainnya yang mendapatkan dana hibah dari MCC yakni Riau dan Sumatera Selatan.

" Dana ini diperuntukkan untuk membantu UMKM dan infrastruktur, dalam rangka membangun ekonomi hijau," ucap Suharso di Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (29/5).

Suharso menyebut dana hibah ini rencananya dikucurkan untuk pembangunan jalan, pengembangan kawasan industri, hilirisasi sawit, serta pengembangan pertanian.

"Dana hibah MCC ini difokuskan untuk pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan," ujarnya.

Suharso Monoarfa berkunjung ke Pekanbaru, Sabtu (29/5), dalam kapasitas sebagai Ketua Umum PPP. Dia menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII PPP Riau.

Saat menghadiri muswil itu, Suharso sempat menanyakan banyak hal kepada Syamsuar, antara lain pertumbuhan ekonomi, percepatan vaksinasi, kasus terkonfirmasi Covid-19, tingkat kemiskinan, angka kekerdilan, serta jumlah pengangguran terbuka.

(Mrcl*)