Editorial Sulut News
Sunday 22 November 2020, Sunday, November 22, 2020 WIB
Last Updated 2020-11-23T00:53:34Z
Bitung

Humiang Serahkan Santunan JKM Perkasa Sebesar 42 Juta Rupiah Kepada Ahli Waris Penatua

Pjs Wali Kota Bitung Drs.Edison Humiang, MSi menyerahkan santunan JKM Perkasa secara simbolis kepada Ahli waris Penatua, Minggu (22/11)


ESN, Bitung - Ahli waris pelayan khusus GMIM Efrata 2 Bitung Kakenturan Wilayah Bitung 1, alm. Pnt Elwis Musling menerima santunan duka Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 42.000.000,-. Santunan tersebut diserahkan oleh Pjs Wali Kota Bitung Drs. Edison Humiang, MSi kepada ahli waris, isteri almarhum,  Adriana Turere, Minggu (22/11) usai ibadah Minggu di jemaat GMIM Efrata Dua Kakenturan.

 

Menurut Humiang, santunan ini diberikan karena almarhum adalah pekerja sosial keagamaan yang dijaminkan oleh Pemprov Sulut. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di akhir tahun 2020 ini mengembangkan kepesertaan program BPJS Perlindungan Sosial Keagamaan (Perkasa).

 

Ada sekitar 40 ribu pekerja sosial keagamaan yang mendapatkan jaminan BPJS ketenagakerjaan. Mereka meliputi para pendeta, imam masjid, khatib, marbot, kostor, pelayanan khusus, gembala, pastor dan pekerja sosial keagamaan lainnya.

 

“Peserta perlindungan sosial keagamaan ini dilindungi dengan JKM (Jaminan Kematian) dan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja). ," ujar Kepala BPJamsostek Manado, Hendrayanto saat peluncuran program perlindungan bagi 40 ribu pekerja sosial keagamaan di Four Points by Sheraton Manado, Selasa (20/10/2020).

 

“Karena almarhum Penatua Elwin Musling adalah peserta jaminan Perkasa, maka ahli warisnya berhak menerima santunan sebesar Rp42 jta,” kata Humiang.

 

Menurutnya, program ini sudah dijalankan sejak awal tahun ini dan diupayakan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Dengan demikianm, setiap pekerja sosial keagamaan di Sulawesi Utara tlah mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan.

 

Penyerahan santunan tersebut turut disaksikan kepala UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) Kelas A Sulut di Kota Bitung, Rahel Rotinsulu dan ketua BPMJ GMIM Efrata Dua Pdt. Tirsa Sondakh-Watung, STh serta para pelayan khusus dan anggota jemaat yang hadir. (eko)