Editorial Sulut News
Saturday 19 October 2019, Saturday, October 19, 2019 WIB
Last Updated 2019-10-20T03:44:18Z
BitungHeadline

Kojongian : RPP KPU Bisa Menjadi Wisata Edukasi Untuk Masyarakat

Rumah Pintar Pemilu KPU Bitung

ESN, Bitung - Guna memberikan edukasi kepada masyarakat, KPU Kota Bitung memanfaatkan sebagian ruangan sebagai Rumah Pintar Pemilu (RPP), yang dinamai Sabua Tarsius.

Dengan adanya RPP, diharapkan masyarakat bisa mengerti dan dapat menempatkan posisinya secara mandiri dalam berdemokrasi.

Hal itu dikatakan Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Bitung, Iten Kojongian SE, dimana menurutnya, RPP adalah sebuah Konsep Pendidikan Pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan suatu ruang/bangunan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait Pemilu.

"RPP sejatinya adalah Museum Pemilu. Kehadiran RPP untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang haus tentang tugas dan tanggung jawab penyelenggara pemilu, baik sarana dan prasarana penyelenggara pemilu, struktur organisasi penyelenggara pemilu, bahkan siapa-siapa pemimpin yang telah dipilih oleh Masyarakat dari periode ke periode," papar Kojongian kepada awak media, Minggu (20/10).

Kojongian menambahkan, dengan begitu, masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang.

"Tidak mudah terprovokasi oleh Hoax dan tidak mudah diajak atau dimanfaatkan oleh orang maupun kelompok yang dapat merugikan diri sendiri," tambahnya.

Ditambahkan lagi, kata Kojongian, semua lapisan masyarakat bisa berkunjung ke RPP untuk belajar dan mencari tahu tentang Pemilu.

"Semua lapisan masyarakat bisa ke Rumah Pintar Pemilu, karena di RPP juga bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat," tutupnya.

(eko)