Editorial Sulut News
Sunday 8 September 2019, Sunday, September 08, 2019 WIB
Last Updated 2019-09-08T15:04:02Z
Ragam Berita

Walikota Lomban Buka Lokakarya City Branding di Ambon

Walikota Bitung Max J Lomban saat membuka Loka karya City Branding di Ambon, Jumat (06/09)


ESN, Ambon - Saat ini persaingan tidak hanya terjadi di tingkat negara, tapi persaingan telah sampai antar daerah di dunia. Daerah-daerah dengan daya tarik yang tinggi, akan memiliki daya saing yang lebih baik dibandingkan daerah yang tidak mampu mengembangkan daya tarik.

Untuk itu, sebuah daerah haruslah memiliki identitas  yang kuat untuk dapat bersaing tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat global ujar Lomban yang juga selaku wakil ketua komisi wilayah VI APEKSI dalam sambutannya saat membuka Lokakarya City Branding dengan tema "Menuju Kota Kelas Dunia" Di Ambon, Jumat (06/09).

Identitas adalah sebuah kontruksi, sebuah konsekuensi dari sebuah proses interaksi antar manusia, institusi dan praktis dalam kehidupan sosial, melalui kegiatan city branding akan menuntut setiap daerah berlomba menciptakan citra tertentu dibenak masyarakat luas dalam merepresentasikan karakter kota.

Citra kota juga memiliki kekuatan dalam membentuk merek sebuah kota, bahkan mempengaruhi kota itu sendiri sehingga diperlukan suatu perencanaan pembentukan citra yang lebih mendalam untuk mewujudkan identitas kota yang optimal. Ujar Lomban

Salah satu manfaat dengan membentuk identitas kota dengan city branding adalah bagi sektor pariwisata dan hal itu juga yang sedang kami lakukan di Bitung dengan mengangkat pariwisata sebagai ikon atau citra kota, sambil mengundang seluruh peserta Lokakarya yang terdiri dari para Walikota anggota APEKSI KOMWIL VI untuk hadir pada pelaksanaan event FPSL 2019 di kota Bitung tanggal 2-10 Oktober mendatang.

(eko)