Editorial Sulut News
Wednesday 4 September 2019, Wednesday, September 04, 2019 WIB
Last Updated 2019-09-04T12:33:29Z
Bitung

Study Penyerapan Anggaran, Pemkab Boalemo Kunjungi Bitung

Kunjungan Pemerintah Kabupaten Boalemo ke Kota Bitung, Rabu (04/09/2019)

ESN, Bitung - Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban  menerima Kunjungan Kerja Studi Tiru Pemerintah Kabupaten Boalemo Tentang Penyerapan Anggaran Di kota Bitung, yang bertempat di BPU Kantor Walikota Bitung, Rabu (04/09/19).

Dalam sambutannya Lomban mengucapkan selamat datang dan selamat baku dapa kembali di Kota Bitung untuk seluruh Keluarga Besar Pemerintah Kabupaten Boalemo yang boleh hadir dan melaksanakan studi tiru pada saat ini, sehubungan dengan sistem penyerapan anggaran di Kota Bitung sebagaimana yang dimaksudkan untuk dibahas pada studi tiru bersama dengan pemerintah Kabupaten Boalemo.

Lanjutnya, anggaran di Kota Bitung kurang lebih menyesuaikan dengan kebijakan penyerapan anggaran se-Indonesia yang dipantau oleh Sekretariat Kepresidenan RI, "di mana ada target capaian yang harus dipenuhi oleh pemerintah Daerah tak terkecuali di Kota Bitung", tukas Lomban.

"Untuk pencapaian target ini kami terus melakukan evaluasi secara berkesinambungan disetiap bulannya dengan menggunakan sistem informasi Managemen Anggaran dan Monitoring Belanja yang di kenal dengan aplikasi siMAMA," jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Bupati Boalemo Ir. H. Anas Yusuf mengatakan dipilihnya Provinsi Sulut , khususnya Kota Bitung sebagai Lokus untuk pelaksanaan studi tiru atas berbagai pertimbangan.Selain perkembangan ekonomi makro, inflasi Daerah yang dalam pengamatan Pemda Boalemo terbaik dan sangat progress.

Lanjutnya kegiatan studi tiru ini merupakan langkan maju untuk mensinergikan beberapa strategi, "dalam hal penginputan realisasi anggaran yang berbasis kinerja dan untuk menggali informasi banding untuk meningkatkan kulitas belanja APBD dan APBN sebagaimana dilakukan oleh Pemkot Bitung," ujarnya.

Pada kesempatan Wali Kota Bitung dan Wakil Bupati Boalemo saling bertukar cendera mata sambil berharap hubungan baik antar kedua daerah tersebut dapat terus terjalin.

Turut hadir Wakil Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Yusuf, Kepala Bapeda Kab. Boalemo Ir. Rusdin Aminu, MM, Kabag Ekbang Boalemo Ibu Ulkia Kiu, SE, M.Si, Sekretaris Daerah Kota Bitung, dan para Asisten Setda Kota Bitung.

(eko)