Editorial Sulut News
Friday 6 September 2019, Friday, September 06, 2019 WIB
Last Updated 2019-09-06T16:30:18Z
Bitung

Kemarau Panjang, BPBD Catat Ada 38 Kali Kebakaran Lahan di Kota Bitung

Kebakaran lahan di salah satu titik di Kota Bitung

ESN, Bitung - Kemarau panjang yang melanda Kota Bitung menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran di beberapa titik di Kota Bitung ada puluhan hektar lahan yang terbakar sepanjang bulan maret hingga September ini.

Menurut Kaban BPBD Kota Bitung melalui sekretaris BPBD Alfindo Mongkol mengatakan, dari bulan maret 2019 hingga september 2019 ini sudah terjadi 38 kali kebakaran yang terjadi di beberapa titik di kota Bitung. Mongkol mengatakan, hingga saat sudah ada sekitar 48 hektare lahan yang terbakar.

"Kasawari 5 kali, batu putih dan pinasungkulan 12 kali serta manbonembo 4 kali," kata Alfindo Mongkol saat di temui editorialsulutnews di ruang kerjanya, Jumat (06/09).

Ditambahkan Mongkol, selama ini, untuk mengantisipasi dan percepatan pemadaman, BPBD juga membuat beberapa pos guna mengantisipasi kebakaran yang terjadi, yaitu di Kasawari, Kadoodan dan Batu Putih serta pos induk di kantor BPBD.

Sekretaris BPBD Kota Bitung Alfindo Mongkol


Guna mencegah terjadinya kebakaran, Mongkol juga menghimbau masyarakat untuk lebih waspada untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kebakaran.

"Jangan membakar sampah, jangan membuka lahan dengan cara membakar, jangan buang puntung rokok di area rumput kering", katanya.

Hal senada juga pernah disampaikan Walikota Bitung Max J Lomban yang juga menghimbau kepada masyarakat, untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kebakaran, dimana hal itu dapat terwujud lewat kerja sama seluruh elemen masyarakat kota Bitung untuk bersama-sama menjaga dan menahan diri agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

(eko)