Editorial Sulut News
Friday 30 August 2019, Friday, August 30, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-31T13:31:02Z
Minahasa

Oktober, PWI Sulut gelar UKW di Kabupaten Minahasa


Image result for uji kompetensi wartawan
Ilustrasi ID
ESN, Tondano  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut, pada pertengahan bulan Oktober 2019 mendatang, bakal melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk para jurnalis di Kabupaten Minahasa.

Ketua Panitia UKW,  Fernando Lumanauw mengatakan, UKW yang kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Minahasa ini, yakni untuk tingkat Wartawan Muda. Sementara untuk jumlah kelas, menurutnya masih terbatas pada dua kelas.

“ Untuk tahap awal, kita laksanakan baru sebatas dua kelas. masing-masing kelas berjumlah enam orang, total ada dua belas peserta UKW. Nanti setelah UKW ini sukses, kita laksanakan lagi UKW tahap berikutnya,” jelasnya.

Lumanauw mengaku, UKW ini sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas para jurnalis yang ada di Minahasa, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual dan menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.

Diapun berharap, pemerintah Kabupaten Minahasa bisa mendukung pelaksanaan UKW ini. Karena UKW ini dilaksanakan juga untuk membantu Pemkab dalam upaya menjalin hubungan yang profesional dengan para jurnalis yang sudah berkompeten di Kabupaten Minahasa.

Sementara itu, Ketua PWI Sulut  Foke Lontaan mengatakan, UKW ini merupakan hasil kesepakatan Piagam Palembang tahun 2010, tentang kesepakatan perusahaan pers nasional untuk mengikuti standar kompetensi wartawan.

“ Selain itu, UKW ini berdasarkan amanat Peraturan Dewan Pers No. 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan,” pungkasnya.
(Mrcl*)