Editorial Sulut News
Friday 12 July 2019, Friday, July 12, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-23T03:38:48Z
Minahasa

Pemkab Minahasa gelar FGD terkait penyusunan publikasi Minahasa dalam angka



ESN, Tondano - Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Minahasa dalam Angka Tahun 2019. Kamis, 11 Juli 2019 digelar di Nirwana Cafe and Resto Tondano. Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng hadir langsung membuka kegiatan ini.

Hadir pula Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Leopord Richard Rawung, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Riviva Maringka, dan seluruh peserta yang mengikuti forum diskusi ini.

Diawal sambutannya, Korengkeng mengatakan data kini menjadi salah satu faktor yang penting dalam kehidupan kita. Tidak hanya digunakan dalam penelitian namun dapat digunakan untuk penyebaran informasi, evalusasi maupun perencanaan pembangunan.

" Misalnya dalam merancang dan menentukan pengambilan kebijakan pemerintah. Dalam kenyataan sekarang ini, pemerintah maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat menggunakan data untuk menjelaskan dinamika suatu fenomena yang terjadi dalam suatu waktu dan mempertajam analisa sebelum mengambil keputusan atau kebijakan," Ketusnya.

Lanjut dia, Presiden Jokowi telah mengingatkan betapa pentingnya data untuk mendukung suksesnya kegiatan. Bahkan dia selalu mendorong untuk terbentuknya Satu Data Indonesia dan sudah menandatangani Perpres No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

"Oleh Karena itu, kita sebagai penyedia maupun pengguna data harus meningkatkan kerjasama demi terwujudnya hal tersebut.
Kerjasama untuk Satu Data ini dapat kita wujudkan salah satunya dalam penyusunan Kabupaten Minahasa dalam Angka 2019," pungkasnya.

(Mrcl)