Editorial Sulut News
Saturday 8 August 2015, Saturday, August 08, 2015 WIB
Last Updated 2019-08-23T03:31:00Z
Kota Tomohon

TOF sukses digelar

ESN - Tournament of Flower (TOF) atau Parade Kendaraan hias sukses digelar Sabtu (8/8/15) di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Sebanyak 27 kendaraan (Float) berhiaskan jutaan kuntum bunga ditampilkan dalam parade yang mengambil lokasi start dari lapangan Ex-Rindam, Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara dan finish di Lapangan Parasamnya Walian, Kecamatan Tomohon Selatan dengan menempuh jarak kurang lebih 6 Km.

Tidak hanya kendaraan hias yang ditampilkan namun ada juga berbagai atraksi seni dan budaya oleh masing masing daerah peserta parade termasuk budaya lokal Minahasa yaitu tari maengket, musik kolintang dan tarian kabasaran.

Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang saat membuka TOF menyatakan salut terhadap upaya pemerintah Kota Tomohon yang menggelar TOF sejak tahun 2008 dan masih terus dilanjutkan hingga saat ini.
Diapun mencontohkan tentang mimpi dari Charles Holder yang memprakarsai dan memperkenalkan Tounament of Roses Pasadena.

Dimana sebelumnya Pasadena tidak lirik dan tak terkenal tetapi memiliki Bunga dan memberdayakan potensi bunga yang kini menjadi mascot dan menjadikan Pasadena sebagai Kota Pariwisata yang terkenal di seluruh dunia.

"kini Tomohon punya mimpi seperti Pasadena yang telah mengawalinya dengan hal "sederhana" yaitu TOF," ujar Sarundajang.

Sarundajang mengatakan kini Kota Tomohon tenar karena bunga dengan menggagas parade kendaraan hias bunga yang turut memberdayakan ekonomi masyarakat,melalui promosi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lanjut dia, erobosan cerdas, kreatif dan inovatif Walikota Tomohon maka Tomohon menjadi Kota Bunga. Dengan bunga kita dapat meningkatkan sumber devisa negara, seperti yang dihasilkan Belanda, Afrika dan beberapan negara penghasil bunga lainnya.

"Saya bangga dengan dengan pelaksanaan TIFF 2015 yang diikuti beberapa negara, harapan saya iven tahunan ini terus terlaksana dengan sangat baik," katanya lagi.

Adapun yang menjadi peserta dalam TOF kali ini yaitu dari Kementerian Pariwisata yang menampilkan Wonderful
Indonesia dengan ragam keindahan di Indonesia, disusul kendaraan hias
dari Selandia Baru yang menampilkan motif gunung dan keindahan alam
negara tersebut.

Negara Amerika Serikat juga turut berpartisipasi dengan menampilkan gunung Rosemount yang berlatar belakang pahatan wajah-wajah mantan presiden Amerika. Negara lainnya yang ikut yaitu India yang menampilkan Monumen Taj mahal dan patung ganesha sekaligus menampilkan
artis yang membawakan irama lagu kuch kuch hotae.

Selain India, Negara Polandia juga ikut dengan menampilkan ikon putri duyung yang terkenal di negara tersebut. Ada juga negara Pilipina yang memperkenalkan Bunga khas Pilipina yaitu bunga melati dan negara Perancis yang menampilkan
menara Eifel dan gerbang kemenangan  dengan Sembilan puteri.

Selain diikuti oleh 6 Negara, TOF kali ini juga diikuti oleh Kementrian PU, Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Mitra, Kota Gorontalo, Kementrian Pertanian, BKKBN, Gabungan Bank, Kanwil Pajak, Bank Sulut, Kementrian Agama, Bapenas, Kabupaten Gorontalo, Perusahaan Volvo, Distanakan Provinsi dan Dinas Pertanian Kota Tomohon.

Selain dihadiri Gubernur SH Sarundajang dan Walikota Tomohon Jimmy F Eman, sejumlah tamu lainnya juga ikut hadir diantaranya Dubes Selandia Baru Trevor Matheson, Wakil Konsul Amerika Serikat di Surabaya Zachary Haugen, Walikota Ambon, Walikota Gorontalo, Bupati Sijunjung, serta ratusan tamu lainnya yang berasal dari sejumlah kementrian, TNI dan Polri.

(Marcel)