Editorial Sulut News
Sunday 2 June 2024, Sunday, June 02, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-04T08:09:00Z
Bitung

Jadi Narasumber Dialog Publik, Fabian Kaloh Beber Tugas Wakil Wali Kota



ESN, Bitung - Anggota DPRD Fabian Kaloh memaparkan terkait tugas dan fungsi Wakil Walikota saat menjadi narasumber dialog publik yang digelar oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Protecsi Dan Hak Asasi Manusia, di Warkop Ewako 88. Sabtu (01/06/2024).

Dalam kesempatan itu, Fabian Kaloh menuturkan bahwa Wakil Walikota memiliki peran penting dalam pemerintahan kota. 

"Tugas Wakil Wali Kota antara lain membantu walikota dalam menjalankan tugas -tugas pemerintahan dan administrasi, menjalankan tugas dan wewenang walikota jika walikota berhalangan atau tidak dapat menjalankan tugasnya serta menerima dan melaksanakan tugas yang didelegasikan oleh walikota sesuai dengan kebijakan dan program kerja pemerintah kota, ” papar Fabian Kaloh.

Ia juga menyebutkan konfliknya antara walikota dan wakil walikota sekarang ini dikarenakan tidak mengerti dan paham fungsinya Wakil Walikota.

“Wakil Walikota harusnya mengetahui fungsi jabatannya itu seperti apa, sehingga tidak ada kekeliruan. Wakil Walikota itu hanyalah pembantu Walikota, ” ujarnya.

Dia juga menceritakan sejarahnya waktu masih menjabat asisten 1 Kota Bitung pada zaman Pimpinan Walikota Almarhum Hany Sondakh.

“Dulu saya menjabat sebagai asisten 1, pada zaman Walikota Pak Hany Sondakh tugas kami diperintahkan oleh Walikota melalui Wakil Walikota sampai sekda untuk merendam jika ada permasalahan di tingkat kebawah, ” jelas Anggota Provinsi DPRD Sulut.

Lanjutnya mengatakan, kadang masyarakat yang tidak ingin suatu pemimpin di wilayahnya seperti camat atau lurah bahkan kepala lingkungan sehingga Walikota yang menjadi sasaran.

“Pernah terjadi kejadian salah satu masyarakat yang tidak menyukai kepala lingkungan sehingga Walikota Bitung menjadi sasarannya, sehingga saya sebagai asisten satu pada waktu itu turun ke masyarakat dan memberikan pencerahan dan mencari solusi, ” ucap Mantan Asisten Satu Pemkot Bitung yang juga sangat familiar bagi tokoh agama dan politik di Sulut. (**)