Editorial Sulut News
Tuesday 5 March 2024, Tuesday, March 05, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-06T05:36:02Z
Minahasa

Dikritik PWI dan Persmin Minahasa, ini jawaban Kumendong

 

Jemmy Kunendong.foto.ist


ESN, Tondano - Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, langsung bereaksi atas kritikan yang ditujukan terhadap dirinya oleh Persatuan Wartawan Minahasa (Pers-Min) serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa.

Kumendong mengatakan bahwa dirinya tetap konsisten dengan apa yang ia sampaikan pada waktu pertemuan perdana bersama awak media pasca pelantikan.

“Kamis besok, kita akan melakukan pertemuan bersama teman-teman media. Dan ini tentunya akan dilakukan secara rutin setiap bulannya, dan melibatkan semua SKPD secara bergantian,” ujarnya lewat Kepala Dinas Kominfo, Maya Kainde SH MAP, Rabu (6/3/24).

Kainde mengatakan, terkait keluhan dari dua oraganisasi wartawan kepada Bupati Minahasa, itu hal yang normal. Namun begitu, ia menjelaskan bahwa Bupati tetap konsisten dengan pernyataannya terkait pertemuan rutin dengan wartawan.

“Memang akhir-akhir ini agenda Bupati cukup padat, sehingga belum sempat melakukan pertemuan rutin bersama teman-teman wartawan. Tapi ini akan menjadi atensi Bupati kedepan,” tukasnya.

Mantan Kabag Prokopim ini juga menjelaskan bahwa belum terealisasinya secara maximal terkait pertemuan tersebut bukan karena Bupati tidak tepati janji. Namun, ada beberapa alasan yang melatar belakangi.

“Di awal tahun ini ada cukup banyak agenda penting yang harus dilaksanakan langsung oleh Bapak Bupati. Sebut saja mempersiapkan dan mengawal pelaksanaan Pemilu 2024, hingga saat ini boleh berlangsung sukses dan aman,” jelas Kainde.

Belum lagi, lanjut Kainde, ada agenda yang sangat penting yang harus Pj Bupati Minahasa lakukan. Misalnya terkait penanganan dan pencegahan terjadinya inflasi. Kemudian, pemeriksaan BPK selama kurang lebih tiga bulan.

“Termasuk kegiatan-kegiatan pemerintahan, pelayanan dan pembangunan di Minahasa. Jadi sekali lagi ini tidak ada unsur kesengajaan,” jelas Kainde lagi.

Ditambahkannya, bahwa sejak dilantik 25 September 2023 silam, sebenarnya para awak media sudah ada beberapa momen pertemuan yang dimanfaatkan untuk bertanya banyak hal kepada Pj Bupati. Seperti halnya kegiatan-kegiatan besar baik skala nasional maupun internasional.

“Jadi sekali lagi, apa yang sudah menjadi komitmen Bupati itu akan dilaksanakan pada waktu yang sedang dipersiapkan. Dan atas nama Bupati saya menyampaikan terima kasih kepada teman pers atas kontrol sosial yang sudah disampaikan dan akan kami tindak lanjuti," kuncinya.

(Mrcl/*)