Editorial Sulut News
Monday 3 July 2023, Monday, July 03, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-04T06:33:23Z
BitungKumHam Sulut

Tampung Aspirasi Warga Binaan, Lapas Bitung Gelar "Kejora WBP"



ESN, Bitung - Sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bitung Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara menggelar kegiatan Kemari Jo Bacerita Warga Binaan Pemasyarakatan (Kejora WBP), yang di gelar di aula Lapas Bitung, Selasa (04/07/2023).

Kegiatan ini pimpin oleh Kepala Lapas Kelas IIB Bitung Syukron Hamdani yang didampingi jajaran pejabat dan diikuti secara antusias oleh seluruh Warga Binaan. Perlu diketahui bahwa kegiatan ini merupakan salah satu inovasi dari Lapas Bitung  dalam pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pada  pelaksanaannya WBP menyampaikan beberapa pertanyaan terkait alur pelayanan, syarat dalam pengurusan hak integrasi, serta sharing tentang apa saja yang telah dialami baik selama proses peradilan sampai dengan proses pembinaan, dimana seluruh pertanyaan yang diajukan oleh WBP kemudian dijawab langsung oleh para narasumber yang terdiri dari Kalapas dan jajaran pejabat.

Lebih lanjut Syukron berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik didalam Lapas Bitung sehingga dapat mewujudkan Pemasyarakatan Maju. 

“Kegiatan ini merupakan wujud dari Transparasi kami dalam menjalankan pelayanan publik, seluruh masukan dari para WBP tadi akan kami jadikan sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan serta percepatan layanan yang ada,” jelas Syukron.

Adapun pada kegiatan tersebut Kalapas juga menyampaikan surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang pencabutan atau pemberhentian layanan asimilasi dirumah.

"Berdasarkan surat tersebut maka pengurusan asimilasi dirumah resmi dihentikan sebab saat ini pandemi telah berakhir dan telah bertransisi menjadi endemi,” tutupnya. (**)