Editorial Sulut News
Wednesday 1 March 2023, Wednesday, March 01, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-02T05:38:22Z
Minahasa

Bakal di launching ROR-RD, Kabupaten Minahasa segera terapkan Digital ID pengganti E-KTP

 

Foto : Prokopim Minahasa

ESN, Tondano - Penerapan Digital ID di Kabupaten Minahasa segera dilakukan dan akan di launching oleh Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD).

Guna mengecek kesiapan Launching Digital ID itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Lynda Watania menyambangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa, Rabu (1/3/2022).

Watania mengharapkan agar semua persiapan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah berlangsung dengan baik, sehingga pelaksanaannya diharapkan akan berlangsung sukses.

“Dengan persiapan yang baik, saya yakin launching akan terlaksana dengan sukses,” ujar Watania.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Meidy Rengkuan mengatakan, ada sejumlah syarat untuk memiliki Identitas Digital sesuai Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 Bab 2 Pasal 18 Ayat 2.

" Syaratnya yaitu memiliki Smartphone Android, telah memiliki KTP Elektronik fisik atau belum pernah tetapi sudah melakukan perekaman, memiliki Email dan Nomor Ponsel," tukasnya.

Sedangkan kegunaan Digital ID ini, lajut dia yaitu akan mempermudah dalam verifikasi diri tanpa harus membawa fisik KTP eL, pengaksesan pelayanan publik, dan mempermudah mengakses data anggota keluarga.

“Harapan kami dengan diterapkannya Digital ID di Kabupaten Minahasa, maka tidak ada lagi pencetakan fisik KTP eL, tidak ada lagi masalah KTP eL hilang atau ketinggalan dan tidak ada lagi fotocopy KTP eL untuk pelayanan publik," pungkasnya.

Saat melakukan peninjauan, Watania ikut didampingi Asisten I Sekda Riviva Maringka, Asisten III Sekda Christian Vicky Tanor dan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Agustivo Tumundo.

(Mrcl*)