Editorial Sulut News
Wednesday 23 November 2022, Wednesday, November 23, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-24T01:04:22Z
Minahasa

Warga korban banjir di Kelurahan Papakelan Tondano terima bantuan Kemensos RI

 


ESN  Tondano - Kementrian Sosial (Kemensos) RI kerjasama dengan Pemkab Minahasa memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) bagi Kelompok Rentan Terdampak Bencana Banjir di Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur, di Aula Kantor Kelurahan Papakelan, Rabu (23/11/2022).

Penerima bantuan di Kelurahan Papakelan mulai dari umur 0-18 tahun sebanyak 209 orang, lansia sebanyak 72 orang serta Disabilitas 3 orang dengan bantuan berupa peralatan sekolah lengkap untuk anak yang masih sekolah, makanan bayi, pempers, handuk, selimut, biskuit, susu, sabun, shampo, handuk, selimut, minyak goreng, dan gula.

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke O Roring M.Si, dan Wakil Bupati Minahasa Dr. (H.C). Robby Dondokambey, S.Si, yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Frits Muntu mengatakan, bahwa Bupati ROR bersama Wabup RD menyatakan turut sepenanggungan dengan keluarga yang mengalami musibah banjir. Bupati pun berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban keluarga yang tertimpa musibah.

Bupati berpesan, kepada seluruh warga Minahasa untuk meningkatkan kewaspadaan terkait cuaca yang tidak begitu baik yang terjadi di Kabupaten Minahasa,” ujar Sekda Muntu.

Sementara itu, perwakilan dari Kementrian Sosial Tota Oceanna Zonneveld mengatakan, dengan adanya musibah ini, pemerintah wajib hadir ditengah serta wajib memberikan bantuan kebutuhan dasar.

“Sebagai pemerintah wajib memberikan bantuan yang terjadi di Kelurahan Papakelan khususkan kepada warga yang terdampak yang berusia 0-18 tahun, lansia serta disabilitas, dan bantuan ini bukanlah bantuan bagi rata,” jelas Zonneveld.

Lurah Papakelan Meinny R. Rumbay SE mengatakan, selaku pemerintah terus menghimbau warganya untuk terus waspada terkait musibah banjir yang terjadi di Papakelan khususnya di lingkungan 1, 2, 3 dan 5, dan kiranya bantuan dari pemerintah dapat digunakan dengan baik.

“Kami terus memberikan himbauan kepada warga, apabila terjadi hujan deras warga secepatnya mengungsi di tempat yang lebih aman untuk menghindari banjir, karena musibah ini tidak tau kapan akan terjadi,” kunci Rumbay.

Hadir mewakili Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, Sekda Minahasa Frits R Muntu S,Sos. serta perwakilan dari Kementrian Sosial Tota Oceanna Zonneveld, Asisten 1 Pemkab Minahass Drs Riviva Maringka MSi, Kadis Sosial dr. Maya Chintya Rambitan, M.Kes. Kabag Prokopim Jhoni Tendean, Camat Tondano Timur Steward Herman Luamanaw SIP

(*)