Editorial Sulut News
Tuesday 4 October 2022, Tuesday, October 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-05T01:28:50Z
Minahasa

Wabup RD lantik 40 pejabat esalon III dan IV di lingkup Pemkab Minahasa

 


ESN, Tondano - Selasa (4/10/2022), sebanyak 40 pejabat administrator, pengawas dan jabatan fungsional di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minahasa resmi dilantik. 

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey melantik langsung para pejabat tersebut bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Minahasa Moudy Pangerapan mengawali pelantikan dengan membacakan Surat Keputusan (SK) Bupati, terkait nama-nama PNS yang ikut dalam pengambilan sumpah/janji, serta pelantikan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Robby Dondokambey mengatakan, pelantikan pejabat di lingkup Pemkab Minahasa merupakan keputusan administrasi.

Ini dalam rangka menjawab proses dinamika penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat.

"Seiring dengan kemajuan diberbagai bidang, maka menuntut aktualisasi dari seluruh komponen birokrasi selaku motor penggerak utama dalam merealisasikan tugas-tugas yang diemban," kata dia.

Disamping itu, untuk terus melakukan evaluasi dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan institusi birokrasi agar semakin profesional.

Lebuh lanjut, kata RD, untuk mewujudkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang baik, maka upaya-upaya perbaikan dalam institusi birokrasi perluh dilakukan secara terus-menerus sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan organisasi.

Hal ini kata dia, agar terjadi perubahan-perubahan mendasar, baik dari sisi kelembagaan, tata laksana maupun pola pikir para aparatur birokrasi.

"Tentunya, kita semua berharap, kedepan, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip tersebut.

Akan melahirkan ASN yang tepat pada tempat atau jabatan yang sesuai dengan keahliannya,” tambah Dondokambey.

Wabup juga mengingatkan kepada pejabat yang dilantik dalam jabatan baru bahwa hal ini merupakan sebuah dinamika karier untuk merefleksikan komitmen, kompetensi, dedikasi, loyalitas dan integritas.

“Saya berharap, para pejabat yang baru dilantik agar komitmen dan memotivasi pengabdian.

Terutama untuk meningkatkan kinerja pribadi dan organisasi secara internal, serta pemerintah secara utuh akan tetap menjadi pegangan teguh,” harap Dondokambey.

Ia juga berpesan kepada para pejabat yang dilantik agar membangun koordinasi.

Kemudian menciptakan tim kerja yang sinergis secara vertikal maupun horisontal untuk mewujudkan suasana kerja harmonis.

“Saya juga meminta agar mampu menjadi representatif bupati dan wakil bupati, untuk melayani rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Minahasa.

Dan menjaga integritas serta amanat jabatan dalam rangka mempercepat pembangunan di Kabupaten Minahasa,” papar Wabup.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, Kajari Minahasa Diky Oktavia, Wakapolres Minahasa Kompol Yindar Sapangallo, Perwakilan Dandim 1302 Minahasa, para asisten, kepala OPD, Staf Ahli Bupati, dan jajaran Pemkab Minahasa.

(Mrcl*)