Editorial Sulut News
Wednesday 5 October 2022, Wednesday, October 05, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-06T00:29:14Z
BitungHeadline

Bakal Dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, FPSL Diharapkan Bisa Pulihkan Ekonomi

Press Conference


ESN, Bitung - FPSL 2022 akan berlangsung selama lima hari hingga 10 Oktober mendatang. Penutupan acara itu bertepatan dengan peringatan ulang tahun Kota Bitung yang ke-32. Seperti tahun-tahun sebelumnya, FPSL kali ini kembali diadakan di Markas Satrol Lantamal VIII di Kecamatan Aertembaga.

 

“Pembukaan akan dihadiri oleh Pak Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,red) Sandiaga Uno dan Pak Gubernur (Sulawesi Utara) Olly Dondokambey,” ujar Ketua Umum Panitia FPSL 2022, Hengky Honandar dalam Konferensi Pers, Rabu (05/10/2022).

 

Dalam kesempatan itu Hengky juga menyatakan bahwa FPSL kali ini diadakan secara besar-besaran. Ia memastikan iven tahun ini lebih ‘wah’ dan meriah dibanding yang sudah-sudah. Hal itu pun bukan tanpa alasan. FPSL sengaja dibikin megah karena ada tujuan yang ingin dicapai.

 

“Kami melaksanakan FPSL ini secara besar-besaran karena ada tujuan yang ingin dicapai. Kami berani melaksanakan karena tujuan itu untuk kepentingan bersama. Seperti diketahui, meskipun masih berlangsung tapi saat ini pandemi Covid-19 mulai berangsur pulih. Itu artinya kita punya kesempatan untuk memulihkan perekonomian yang sempat kolaps. Nah, karena itulah FPSL dilaksanakan. Selain untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata, ini juga kesempatan untuk mendorong pelaku UMKM meningkatkan produksi,” paparnya.

 

Hengky optimis jika sektor pariwisata bergeliat dan pelaku UMKM produktif dampaknya akan terasa. Pasalnya kata dia, dua sektor itu punya andil besar dalam rangka menggerakkan perekonomian masyarakat Bitung, di samping tentunya sektor perikanan dan industri.

 

Sementara Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan hal yang sama. Ia menegaskan pemulihan ekonomi jadi agenda utama dari pagelaran FPSL 2022.

 

“Tahun lalu 14 produk UMKM kita sudah tembus pasar Amerika Serikat. Itu jelas membanggakan karena terjadi di saat perekonomian lagi anjlok. Dan sekarang ketika perekonomian mulai bangkit tentu kita harus memanfaatkan kesempatan. Kita harus terus mempromosikan potensi yang dimiliki agar semakin dikenal secara global. Nah, salah satu caranya adalah dengan melaksanakan FPSL ini,” tuturnya.

 

Maurits pun membeber dampak positif dari pelaksanaan FPSL terhadap perekonomian daerah. Dampak itu menurut dia, bahkan sudah mulai muncul ketika iven dimaksud baru akan digulirkan.

 

“(FPSL) belum dimulai saja tingkat hunian hotel sudah meningkat. Contohnya di Fave Hotel, sejak kemarin kami dapat informasi sudah full booked. Ini juga pasti berlaku di tempat lain, okupansi mengalami peningkatan karena ada FPSL. Dengan demikian ini sudah jelas, karena ada FPSL banyak wisatawan yang datang ke Bitung. Dan mereka datang bukan hanya sekedar menyaksikan FPSL, tapi juga membelanjakan uang yang mereka bawa,” katanya.

 

Pembukaan FPSL 2022 akan dilaksanakan kamis, (06/10/2022). Sesuai rundown kegiatan yang diterima, pembukaan akan dilakukan tepat pukul 13.00 WITA. Dan begitu agenda tersebut selesai, salah satu sub event yang paling ditunggu-tunggu akan langsung ditampilkan. Sub event itu adalah Sailing Pass atau parade kapal yang sudah dihias sedemikian rupa. (**)