Thursday 24 June 2021, Thursday, June 24, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-24T23:43:16Z
Kota Tomohon

Sabtu besok, Perbakin kolaborasi Polres Tomohon gelar kejuaraan menembak

 


ESN, Tomohon -- Kejuaraan menembak dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-75, akan digelar Sabtu besok (26/6/2021) di lapangan tembak Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan. 

Ketua Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Kota Tomohon Miki Junita Linda Wenur menyebut kegiatan hasil kolaborasi dengan Polres Tomohon ini tidak hanya sekedar seremoni belaka, melainkan akan menjadi ruang untuk mewujudnyatakan sejumlah target. 

"Ada sejumlah target yang akan dicapai, dantaranya untuk menghimpun masyarakat yang ingin menggeluti dunia menembak serta mencari bibit atlet yang bisa berprestasi mengharumkan nama Kota Tomohon," sebutnya. 

Wenur menambahkan, Perbakin di kota Tomohon memang belum lama terbentuk." Musda saja baru digelar dan pengurus baru terbentuk. Tapi kami ingin memfasilitasi, menghimpun masyarakat penembak. Apakah dia penembak tikus, suka berburu dan sebagainya," tukasnya. 

Wenur saat memantau langsung persiapan lomba di Lapangan Tembak Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Tengah, Kamis (24/6/2021) menjelaskan, tujuan lainnya dari digelarnya kegiatan ini yaitu ingin mengedukasi masyarakat agar memahami aturan saat memiliki senjata, baik senjata api,senjata angin dan jenis senjata lainnya. 

"Kami ingin agar masyarakat Tomohon paham bahwa ketika dia memiliki senjata, walaupun hanya senjata angin, dia harus terdata. Dan kalau terdata maka kita tentu akan bisa mengedukasi mareka bagaimana menggunakan senjata. Untuk keamanan khususnya. Temasuk ketika hobi berburu, ada kesadaran untuk apa, apa saja yang bisa diburu dan mana yang tidak bisa. Itu harus ada edukasi kepada masyarakat. Itu pertama tujuan kegiatan ini," jelas Wenur. 

Selain itu lanjut dia,  kejuaraan tersebut juga untuk menjawab kerinduan masyarakat yang punya minat menyalurkan bakat menembak mereka. 

"Hal yang kedua, kita juga berharap melalui iven ini kita akan melihat peluang-peluang atlet-atlet baru, mencari bibit-bibit baru. Dan ini akan menarik minat dari masyarakat Tomohon. Kerena kita sudah bisa melihat, kemarin belum ada lapangan tembak, dan ternyata beberapa hari ini sejak kita buka lapangan ini, ada kerinduan besar dari maysarakat," pungkasnya. 

(Mrcl*)