Editorial Sulut News
Tuesday 7 January 2020, Tuesday, January 07, 2020 WIB
Last Updated 2020-01-07T23:12:14Z
Minahasa

Sinode GMIM janji bantu kerahkan jemaat angkat eceng gondok di Danau Tondano


ESN, Tondano - Pemerintah Kabupaten Minahasa telah resmi mencanangkan gerakan pengangkatan eceng gondok di danau Tondano dengan nama "Lume'os in lour Toudano", Senin (6/1/2020). Pencanangan dilakukan langsung Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR).

Dalam pencanangan tersebut ikut hadir memberikan suport yakni dari organisasi gereja terbesar di Sulawesi Utara, Sinode GMIM yang diwakili Sekretaris Umum Sinode GMIM Pendeta Evert Tangel.

Diwawancara usai kegiatan pencanangan tersebut, Evert Tangel mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya yang dilakukan Pemkab Minahasa dalam mengangkat eceng gondok di danau Tondano.

Bahkan menurutnya, Sinode telah memutuskan lewat Sidang Majelis Sinode Tahunan ke-32 di Wilayah Bitung, bahwa tahun 2020 dalam kerjasama dengan Pemkab Minahasa, GMIM akan mengerahkan jemaaat untuk sama-sama menyelamatkan danau Tondano.

" Kita akan menurunkan jemaat, terutama pria kaum bapa dan pemuda untuk datang mengangkat eceng gondok, sambil berkoordinasi dengan pihak Pemkab Minahasa untuk pengaturan pembagian tenaga," sebut Tangel.

Alasan pihaknya ingin membantu Pemkab dalam upaya pengangkatan eceng gondok, dikatakan Tangel karena Gereja telah mengajarkan kepada jemaatnya untuk sama-sama menjaga, memelihara serta melestarikan semua ciptaan Tuhan.

" Apalagi, Danau Tondano telah menjadi sumber kehidupan semua rakyat Sulawesi Utara," imbuhnya.

(Mrcl*)