Editorial Sulut News
Wednesday 4 December 2019, Wednesday, December 04, 2019 WIB
Last Updated 2019-12-04T13:09:34Z
BitungSport

Meski Syarat Peserta Tak Sesuai Kesepakatan, Cabor Anggar di Porprov ke-X Tetap Dilaksanakan

Rapat bersama pengurus IKASI Sulut, IKASI Kabupaten/Kota dan Technical Delegate, di lokasi lomba SKB manembo-nembo, Rabu (04/12)

ESN, Bitung - Pelaksanaan lomba Cabang Olahrga (Cabor) Anggar dalam ajang Porprov X Sulut di Kota Bitung, masih tertunda, pasalnya para ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) dari 5 daerah, Bitung, Minut, Tomohon, Manado dan Minahasa, melayangkan protes sebelum pelaksanaan pertandingan, kepada Technical Delegate, Osh Tarega, di SKB Manembo-nembo, Rabu (04/12).

Dalam rapat tersebut, para pimpinan IKASI mempertanyakan Teknical Meeting yang dilasksanakan Tarega di lokasi lomba, yang hanya menghadirkan IKASI Minsel, sedangkan 5 daerah lainnya tidak dilibatkan. “Jadwal Teknikal Meeting sudah tertera pada Buku Panduan dan itu telah disebar keseluruh KONI Kabupaten/Kota di Sulut atau kepada Dinas Pemuda dan Olahraga,”ujarnya.

Lanjut Tarega, pihaknya selaku orang yang dipercayakan KONI Sulut, akan melaksanakan lomba sesuai petunjuk Buku Panduan. “Saya siap melaksanakan lomba kalau sesuai BUku Panduan, selebihnya tidak, saya nanti disalahkan, ini sudah banyak kali terjadi, dan untuk itu, peserta tetap sesuai buku panduan, berumur 20 tahun kebawah,”ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua IKASI Sulut, Cherry Maringka, dalam kesempatan ini mengungkapkan, pihaknya melaksanakan teknikal meeting dilain tempat di Kota Bitung, karena tidak diberitahukan Technical Delegate, Osh Tarega, kalau di SKB Manembo-nembo dilaksanakan Technical Meeting. 

“Kami tidak diberitahukan kalau Pak Osh melaksanakan Technical Meeting, kalau kami diundang, pasti kami datang, makanya kami laksanakan kegiatan yang sama dengan menghadirkan 5 daerah yang mempersiapkan peserta,”ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua IKASI Minut, Jeane George. “Kami tidak diundang dalam Technical Meeting, makanya kami tidak tahu kalau kesepakatan lalu telah berubah, kami juga belum memegang Buku Panduan, kalau demikian hanya Minsel yang siap, sangat kami sayangkan kalau tidak dilaksanakan, para atlit sudah latihan berbulan-bulan untuk lomba ini, kami harap KONI Sulut mempertimbangkan ini,”ujarnya, diiyakan pengurus IKASI Manado-Handri Lensun, Tomohon-Fano Manopo, Minahasa-Stiv Assa dan Bitung-Francine George.

Personil Pengawas dan Pengarah (Panwastra) KONI Sulut, Jan Lengkong, yang juga datang dilokasi rapat tersebut, tak mampu memberikan jalan keluar, dan tetap mengacu pada Buku Panduan. “Sekarang jawabannya tinggal Ya atau Tidak, silahkan berbincang dengan Technical Delegate, saya sudah menghubungi pengurus KONI, kalau tidak sepakat Cabor Anggar dibatalkan dan tidak dipertandingan,”ujar Lengkong.

Setelah melalui skor rapat, Lengkong mengungkapkan, dirinya sudah menghubungi Ketua KONI Sulut, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. “Ini sudah petunjuk perintah dari KONI Provinsi dan masing-masing daerah sudah ada nama-nama pemain yang didaftarkan, 6 daerah sudah masukan nama-nama. “Saya tidak tambah atau kurang, kalau tidak mau terima maka anggar tidak dipertandingkan dan KONI akan melaporkan ke Dispora Kabupaten/Kota peserta,”ujar Lengkong, sambil menambahkan akan tetap laksanakan pertandingan sesuai petunjuk Buku Panduan.

(eko)